Mengenal 7 Jenis Ban Mobil Berdasarkan Fungsinya

| 12 Mar 2023 08:25
Mengenal 7 Jenis Ban Mobil Berdasarkan Fungsinya
Ilustrasi jenis ban mobil (pexels)

ERA.id - Pemilik mobil harus tahu jenis ban mobil sebelum membeli dan menggunakannya. Tipe atau jenis ban mobil berbeda-beda tergantung jenis kendaraan, medanm, dan aktivitas yang dijalani oleh si mobil.

Ban mobil yang tepat berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan berkendara. Dengan demikian, perjalanan bisa dilakukan dengan lancar tanpa hambatan. Dikutip Era.id dari situs Astra Daihatsu, berikut adalah beberapa jenis ban mobil yang perlu diketahui.  

Mengenal Berbagai Jenis Ban Mobil Berdasarkan Fungsinya

1. All season tires

Ini merupakan jenis ban mobil yang paling umum digunakan. Ban ini nyaman digunakan di atas jalan raya dan bisa digunakan sepanjang musim. Pola dari ban ini biasanya simetris dengan alur permukaan untuk cengkeraman basah serta bisa beradaptasi di berbagai medan.

​​​​2. Summer tires

Ban musim panas mampu melaju di kondisi jalan yang basah dan kering. Ban ini didesain untuk untuk iklim panas dan bisa mencengkeram saat melewati jalan yang basah ataupun kering.

Suhu yang aman untuk jenis ban ini adalah di atas 45° Fahrenheit. Biasanya, ban ini punya tambalan kontak yang kuat, alur dengan lingkar yang cukup untuk ketahanan terhadap hydroplaning, serta tidak ada robekan. Di daerah yang tak memiliki musim dingin, ban ini bisa digunakan sepanjang tahun.

3. All terrain tires

Ilustrasi all terrain tires (pexels)

Ban ini juga disebut sebagai ban segala medan. Umumnya, ban ini didesain dengan pola tapak yang lebih agresif dibandingkan ban jalan raya. Jenis ban ini punya pola blok ulir dan terdapat lebih banyak rongga sehingga memberikan traksi saat digunakan off-road.

Ban ini mampu menerjang cuaca buruk. Keunggulan dari ban segala medan adalah mampu berjalan di atas pasir, kerikil, dan tanah ringan. Ban ini menjaga stabilitas dan kenyamanan saat di jalan raya. Beberapa kendaraan yng cocok dengan ban ini adalah truk kecil, truk pickup, SUV, dan camper.

4. Performances Tires

Biasanya ban ini dibuat dengan sangat padat. Senyawa campurannya mengandung banyak silika untuk memberikan cengkeraman yang lebih baik terhadap aspal pada cuaca apa pun. Ban ini mendukung penggunaan dengan kecepatan yang tinggi.

Ban ini bisa digunakan untuk berbagai jenis mobil, seperti mobil sport, kendaraan utilitas, dan kendaraan mewah. Jenis ban ini biasanya digunakan untuk meningkatkan performa mobil kepolisian dan ambulance, terutama di jalan basah.

5. Mud terrain tires

Ini merupakan ban yang didesain untuk trek berlumbur. Pola tapaknya sangat agresif dengan blok tapak yang jauh lebih besar dibandingkan ban biasa dan memiliki lebih banyak celah atau rongga. Hal tersebut membuat ban ini memiliki traksi lebih banyak di area lunak, seperti lumpur dan pasir yang dalam.

Ban ini punya keunggulan untuk berjalan di medan lembut. Namun, ban ini kurang nyaman untuk berjalan di atas jalan raya beraspal halus.

6. Highway tires

Ban ini diproduksi untuk menahan beban berat truk atau SUV. Jenis ban ini sangat nyaman untuk digunakan di jalan raya. Penyusun ban ini sebagaian besar berupa kompon yang tahan lama dan pola tapak tertentu yang membuatnya tahan lama.

7. Jenis atv dan utv

Jenis ban mobil ini didesain untuk berbagai medan dan bisa juga digunakan untuk jenis balap tertentu. Ban memiliki blok tunggal dan bukaan yang besar untuk memberikan traksi yang baik di medan pasir, lumpur, kerikil, bahkan dan bebatuan. Umumnya, ban dengan pola tapak yang lebih agresif bisa digunakan untuk aktivitas yang lebih agresif.

Rekomendasi