Perbedaan Mesin VVTI dan Dual VVTI pada Mobil Toyota

| 02 Apr 2023 05:03
Perbedaan Mesin VVTI dan Dual VVTI pada Mobil Toyota
Perbedaan mesin vvti dan dual vvti (unsplash)

ERA.id - Bagi Anda yang hendak membeli mobil Toyota tidak sedikit yang bingung dengan perbedaan mesin VVTI dan dual VVTI. Artikel ini akan membantu Anda memahami perbedaan keduanya.

VVTi (Variable Valve Timing with intelligence) adalah sistem kontrol katup variabel pada mesin Toyota yang mengatur waktu pembukaan dan penutupan katup intake dengan lebih efektif.

Dengan VVTi, mesin dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih baik pada berbagai kecepatan mesin dan memperbaiki efisiensi bahan bakar.

Dual VVT-i mulai tahun berapa?

Di Indonesia, mesin Dual VVT-i digunakan pertama kali oleh Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz pada tahun 2014. Oleh karena itu, mobil-mobil Toyota yang diproduksi setelahnya sebagian besar menggunakan mesin Dual VVT-i.

Terdapat beberapa mobil Toyota yang menggunakan teknologi Dual VVT-i seperti: Toyota Avanza, Rush, Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Corolla Altis, Camry, Alphard, dan Vellfire.

Perbedaan Mesin VVTI dan Dual VVTI

Dilansir dari laman The New Zealand Automobile Association, VVT-i tunggal berarti mesin memiliki timing katup variabel pada cam masuk saja, sedangkan VVT-i ganda memiliki timing variabel pada cam masuk dan buang.

Dual VVTi adalah pengembangan lebih lanjut dari VVTi, di mana kontrol katup variabel diterapkan pada katup intake dan katup exhaust secara bersamaan. Hal ini memungkinkan mesin untuk mengoptimalkan aliran udara masuk dan keluar dari ruang bakar, menghasilkan tenaga yang lebih besar dan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara signifikan.

Kesimpulannya, perbedaan antara VVTi dan Dual VVTi adalah pada jumlah kontrol katup variabel yang digunakan dalam mesin.

VVTi hanya menggunakan kontrol katup variabel pada intake, sementara Dual VVTi menggunakan kontrol katup variabel pada intake dan exhaust.

Dual VVTi menghasilkan tenaga yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan VVTi.

Oleh karena itu, secara garis besar, VVTI dan Dual VVTI hanya modifikasi pada kepala silinder.

Apa kelebihan mesin Dual VVT-i?

Mesin Dual VVT-i memiliki beberapa kelebihan, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Meningkatkan tenaga

Dengan pengaturan waktu yang lebih tepat pada pembukaan dan penutupan katup intake dan exhaust, mesin Dual VVT-i dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dan merata pada berbagai rentang putaran mesin.

  1. Meningkatkan efisiensi bahan bakar

Dengan pengaturan katup yang lebih presisi, mesin Dual VVT-i dapat mengoptimalkan aliran udara masuk dan keluar dari ruang bakar, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

  1. Mengurangi getaran dan kebisingan

Mesin Dual VVT-i dapat mengurangi getaran dan kebisingan mesin karena pengaturan waktu katup yang tepat. Hal ini membuat mesin lebih halus dan nyaman digunakan.

  1. Meningkatkan responsifitas

Mesin Dual VVT-i memiliki respons yang lebih cepat pada gas karena pengaturan katup yang presisi, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

  1. Lebih ramah lingkungan

Dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi gas buang yang lebih rendah, mesin Dual VVT-i lebih ramah lingkungan dan memenuhi standar emisi yang lebih ketat.

  1. Teknologi Baru

    Dual VVT-i memiliki teknologi lebih baru (twitter)

Secara keseluruhan mesin Dual VVT-i adalah teknologi mesin yang canggih dan memberikan keuntungan dalam hal tenaga, efisiensi bahan bakar, kenyamanan, responsivitas, dan ramah lingkungan.

Selain perbedaan mesin vvti dan dual vvti, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi