Efek Parkir Mobil di Tanjakan yang Tidak Boleh Diabaikan

| 05 Sep 2023 21:35
Efek Parkir Mobil di Tanjakan yang Tidak Boleh Diabaikan
Efek parkir mobil di tanjakan (unsplash)

ERA.idParkir mobil di tanjakan bukanlah tindakan yang sepele. Selain berpotensi mengganggu lalu lintas, hal tersebut juga dapat berdampak pada kendaraan Anda. Lantas apa saja efek parkir mobil di tanjakan?

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai efek yang disebabkan dari kebiasaan parkir mobil di tanjakan, dari segi teknis, serta memberikan tips penting untuk menghindari masalah yang mungkin ditimbulkannya.

Efek Parkir Mobil di Tanjakan

Dilansir dari  Car Troubleshooters, parkir mobil di tanjakan curam dapat menyebabkan tekanan pada transmisi mobil, yang dapat mengakibatkan kerusakan seiring berjalannya waktu.

Sudut kemiringan tanjakan memainkan peran penting dalam menentukan potensi kerusakan, di mana tanjakan yang lebih curam meningkatkan risiko kerusakan. Untuk mencegah atau meminimalkan kerusakan, selalu gunakan rem parkir, arahkan roda kendaraan dengan benar, hindari gerakan tiba-tiba, dan pilih gigi yang sesuai.

Salah satu tanda kerusakan transmisi meliputi kesulitan dalam perpindahan gigi atau bunyi-bunyian yang tidak biasa pada mobil Anda.

Ketika Anda memarkir mobil Anda di tanjakan, berat kendaraan bergeser ke satu sisi, menimbulkan tekanan tambahan pada transmisi. Tekanan ini dapat mengakibatkan kerusakan dan aus, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan transmisi.

Selain itu, sudut kemiringan tanjakan memainkan peran penting dalam menentukan potensi kerusakan transmisi saat parkir. Tanjakan yang curam meningkatkan risiko kerusakan karena menciptakan tekanan lebih besar pada transmisi.

Di sisi lain, jika Anda memarkir mobil Anda di lereng yang lebih landai, tekanan pada transmisi menjadi lebih rendah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan.

Ketika membandingkan mobil transmisi otomatis dan manual, keduanya memang rentan terhadap kerusakan saat diparkir di tanjakan curam. Namun, transmisi manual cenderung lebih rentan daripada transmisi otomatis karena mengandalkan kopling yang digerakkan dan dilepas.

Dampak Jangka Panjang Sering Parkir di Tanjakan Curam (unsplash)

Dampak Jangka Panjang Sering Parkir di Tanjakan Curam

Memarkir secara berulang di tanjakan curam dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan dan kinerja keseluruhan mobil Anda, berikut di antaranya:

  1. Kegagalan Transmisi

Jika Anda terus memarkir mobil secara rutin di tanjakan curam, maka hanya menunggu masalah waktu sebelum transmisi Anda rusak. Kerusakan Ini bisa menjadi perbaikan yang mahal yang sebenarnya bisa dihindari dengan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan sejak awal.

  1. Penggunaan dan Kerusakan Rem

Memarkir di tanjakan curam memberikan tekanan tambahan pada rem Anda serta transmisi. Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menyebabkan penggunaan dan kerusakan yang memerlukan penggantian atau perbaikan.

  1. Kerusakan Suspensi

Tekanan konstan dari memarkir di tanjakan dapat juga menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi mobil Anda. Ini dapat mengakibatkan perjalanan yang tidak nyaman dan penurunan kinerja.

Sebagai kesimpulan, meskipun memarkir di tanjakan curam mungkin tampak seperti pilihan yang salah, namun penting untuk menyadari risiko potensialnya dan mengambil langkah-langkah untuk mengamalkannya.

Dengan mengikuti langkah pencegahan yang dijelaskan di atas, Anda dapat membantu mencegah kerusakan jangka panjang pada transmisi dan komponen lainnya pada mobil.

Memarkir di tanjakan curam berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi, terutama jika kendaraan tidak terkunci dengan baik. Namun, penting untuk dicatat bahwa kendaraan modern dirancang untuk menangani situasi seperti ini, jadi yang terbaik adalah berhati-hati dan mengikuti prosedur cara parkir mobil yang benar.

Selain efek parkir mobil di tanjakan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi