Berbagai Fitur Baru dan Cara Update iOS 16.4 untuk Nikmati Lebih Banyak Kemudahan

| 28 Mar 2023 17:05
Berbagai Fitur Baru dan Cara Update iOS 16.4 untuk Nikmati Lebih Banyak Kemudahan
Ilustrasi iPhone 14 Pro yang siap update iOS 16.4 (Twitter @iPhone_14_Pro)

ERA.id - Pengguna iPhone sudah bisa mengggunakan sistem terbaru iOS 16.4. Belum lama ini Apple merilis update iOS 16.4 yang dibekali banyak fitur menarik, misalnya tawaran 31 emoji baru. Untuk informasi lebih lengkap, fitur baru dan cara update iOS 16.4 bisa disimak di bawah ini.

Dikutip Era.id dari Macworld, Apple baru saja merilis iOS 16.4 ke publik. Hal tersebut dilakukan setelah sekitar sebulan lalu merilis versi beta bagi pengguna yang terdaftar dalam program pengembangan atau Apple Developer.

5.2 iOS 16.4 versi beta (Twitter @theapplehub)

Berbagai Fitur Baru iOS 16.4

Sistem iOS 16.4 membawa beberapa fitur baru dan perbaikan bug. Para penggunanya bisa mendapatkan lebih banyak koleksi emoji baru, fitur isolasi suara dalam panggilan telepon, dan web push notification. Selain itu, masih ada beberapa fitur lain yang ditawarkan.

·         31 emoji baru

Ponsel iPhone yang di-update dengan iOS 16.4 akan mendapatkan 31 emoji baru. Beberapa contoh emoji yang akan dimiliki adalah smiley wajah bergetar, hati berwarna merah muda, gambar dua telapak tangan mengarah ke kanan dan kiri, simbol Wi-Fi, dan masih banyak lagi.

Berbagai emoji baru dalam iOS 16.4 mengikuti rekomendasi yang sudah disetujui konsorsium Unicode tahun 2022. Pada Februari kemarin telah diumumkan bahwa akan tersedia dalam update iOS berikutnya.

·         Isolasi suara

Sebelum melakukan update sistem, fitur isolasi suara sebenarnya sudah ada, tetapi hanya dalam panggilan dengan FaceTime dan aplikasi VoIP yang lain. Namun, melalui penggunaan iOS 16.4, fitur isolasi suara dapat diaktifkan di panggilan telepon seluler.

Ketika diaktifkan, fitur isolasi suara dapat menghilangkan atau menyembunyikan suara berisik yang ada di latar belakang ketika pengguna berbincang melalui telepon. Cara mengaktifkan fitur isolasi suara adalah dengan membuka Control Center saat melakukan panggilan telepon, kemudian pilih Mic Mode, lalu pilih Voice Isolation.

·         Web push notification

Pembaruan iOS 16.4 memungkinkan developer iOS mengirimkan notifikasi ke pengguna dari web app. Notifikasi tersebut akan dikirimkan saat pengguna menyematkan web app ke Home Screen iPhone. Fitur tersebut bisa memberikan manfaat bagi beberapa layanan yang belum punya aplikasi iOS native, tapi ingin mengirimkan notifikasi ke penggunanya.

Perlu diketahui bahwa fitur baru yang diusung oleh iOS 16.4 bukan hanya itu. Berikut ini beberapa pembaruan dan perbaikan yang akan diterima.

·         VoiceOver hadir untuk mendukung peta di aplikasi Weather

·         Album duplikat yang ada di Photos bisa mendeteksi konten berupa foto dan video duplikat di iCloud Shared Photo Library

·         Terdapat pengaturan aksesibilitas yang berfungsi untuk meredupkan cahaya video secara otomatis jika terdeteksi kilatan cahaya atau efek strobo

·         Perbaikan isu soal permintaan Ask to Buy yang tidak muncul di perangkat orang tua

·         Perbaikan isu soal thermostat yang kompatibel dengan platform Matter tidak responsif ketika dipasangkan dengan Apple Home

·         Optimisasi Crash Detection pada ponsel iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Cara Update iOS 16.4

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai fitur dan perbaikan yang ditawarkan, berikut ini adalah cara update sistem ponsel Apple Anda.

1.    Backup semua data ke iCloud. Hal ini dilakukan demi memastikan tidak terdapat data di ponsel yang hilang

2.    Buka aplikasi Settings > General > Software Update

3.    Pilih menu Download and Install

4.    Setelah itu, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang terdapat di layar ponsel Anda dan tunggu proses pengunduhan selesai

5.    Tunggu proses penginstalan selesai

Itulah berbagai informasi mengenai fitur baru dan cara update iOS 16.4. Update sistem memungkinkan pengguna untuk menikmati lebih banyak manfaat dari Apple. 

Rekomendasi