Apa Itu Fitur Gift di IG, Begini Cara Dapat Duit dan Harga

| 20 Sep 2023 22:05
Apa Itu Fitur Gift di IG, Begini Cara Dapat Duit dan Harga
Ilustrasi fitur Gift di IG (Freepik)

ERA.id - Fitur Gift kini tak hanya tersedia di TikTok, namun juga dihadirkan di platform media sosial Instagram. Dengan adanya fitur ini, pengguna IG dapat memberikan hadiah kepada konten kreator lainnya. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu Gift di IG dan manfaatnya.

Meta telah meluncurkan fitur monetasi Gift Instagram ke penggunanya di berbagai negara. Pengguna IG di Indonesia sudah bisa mengakses dan memanfaatkan fitur ini sejak Maret 2023. Fitur ini dihadirkan untuk memberi kesempatan para pengguna IG bisa mendapatkan uang dari media sosial. 

Pengguna IG dapat menggunakan fitur Gift untuk memberikan hadiah virtual kepada kreator. Dengan fitur ini, para kreator bisa lebih mudah memonetasi konten reels masing-masing. Apa itu fitur Gift IG sebenarnya memiliki fungsi yang mirip pada fitur di TikTok. 

Apa Itu Fitur Gift IG

Fitur Gift IG merupakan fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghargai  dan mengapresiasi konten kreator. Para pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk memberikan hadiah secara virtual. 

Para pengguna dapat membeli hadiah di aplikasi IG menggunakan mata uang virtual, yaitu Stars atau bintang. Hadiah virtual yang tersedia dijual mulai dari 10 bintang hingga beberapa ratus bintang. 

Adanya fitur Gift ini juga memungkinkan para kreator untuk memonetasi konten-konten video reelsnya supaya bisa mendapat penghasilan secara online. Kreator akan memperoleh uang dari Gift yang diberikan oleh pengguna lain. 

Namun perlu diingat, Instagram hanya akan mencairkan atau membayar kepada kreator jika saldo sudah mencapai minimal US$25 atau sekitar Rp386.437.

Instagram (Freepik)

Cara Mengaktifkan Fitur Gift IG

Apabila Anda seorang konten kreator maka perlu memanfaatkan fitur Gift di IG untuk mencari penghasilan tambahan. Namun untuk bisa menerima pemberian Gift, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. 

Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan hadiah atau Gift di Reels Instagram:

  • Buka profil di aplikasi Instagram.
  • Kemudian ketuk Profesional Dashboard.
  • Di bagian ‘Fitur Anda’, pilih ‘Hadiah’ atau ‘Gifts’.
  • Ketuk ‘Izinkan hadiah di reels’ untuk mengaktifkan fitur Gift dan mengizinkan pemirsa untuk mengirimkan hadiah di reels yang dibuat sebelumnya atau reels berikutnya.
  • Anda juga bisa mengetuk tombol ini untuk menonaktifkan fitur tersebut kapan saja, tapi hal ini akan membuat orang lain tidak bisa lagi mengirimkan hadiah ke reels di profil Anda.

Cara Kirim Gift Instagram ke Kreator

  • Silakan akses Instagram versi terbaru
  • Buka video Reels dari kreator yang ingin Anda beri Gift
  • Tekan tombol Send Gift di bagian atas profil kreator
  • Pilih nominal bintang dan sticker yang ingin dikirim
  • Klik ‘Next’ dan bayar menggunakan bintang kamu

Daftar Harga Gift di IG

Para kreator pastinya penasaran dengan harga pada masing-masing jenis Gift di IG. Setiap jenis Gift memang memiliki nilai yang berbeda-beda, sebagai berikut:

  • 45 bintang: Rp15.000
  • 140 bintang: Rp44.000
  • 300 bintang: Rp89.000

Namun nominal uang yang diberikan di fitur Gift IG memang belum sebesar yang ada di TikTok. Selain itu, jenis-jenis Gift yang disediakan pun masih belum bervariasi mengingat fitur ini masih belum lama dimunculkan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi