Mengenal Turbocharger Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Komponennya

| 21 Jan 2024 08:05
Mengenal Turbocharger Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Komponennya
Ilustrasi (Foto: X/@@leijun)

ERA.id - Setiap kendaraan khususnya mobil memiliki komponen yang sangat penting agar mobil bekerja dan berjalan. Salah satu komponen penting tersebut yaitu turbocharger mobil. Turbocharger dalam mobil berfungsi untuk membuat laju mobil menjadi lebih kencang. Mari mengenal turbocharger mobil sebagai sebuah komponen yang identik dengan mesin mobil.

Mengenal Turbocharger Mobil

Turbocharger adalah komponen berbentuk teknologi yang terpasang pada mobil dan dapat membuat laju mobil menjadi lebih cepat. Turbocharger pada mobil biasanya terpasang di dekat exhaust. Komponen turbocharger ini memiliki peran penting untuk mempercepat laju mobil sehingga mobil dapat melaju di atas standar.

Fungsi Turbocharger Mobil

Fungsi turbocharger mobil yaitu untuk meningkatkan tenaga mesin sehingga dapat mempercepat laju mobil agar mobil dapat melaju dengan kecepatan yang tinggi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengendara.

Honda CR-V terbaru. (Dok. Honda)

Cara Kerja Turbocharger Mobil

Prinsip dan cara kerja turbocharger pada mobil cukup sederhana. Turbocharger memanfaatkan aliran dari udara panas yang berasal dari gas pembuangan mesin. Hal ini menyebabkan penambahan tekanan dan kepadatan udara dari mesin pembakaran. Setelah itu gas buang yang sudah dibuang oleh mesin tidak secara langsung akan diarahkan ke bagian knalpot, namun gas buang tersebut akan disalurkan ke bagian turbocharger mobil. Di dalam turbocharger itu terdapat rumah dan roda turbin yang memutarkan gerak turbocharger. Oleh karena itu, turbocharger juga dapat membuat bahan bakar menjadi lebih hemat.

Komponen Turbocharger Mobil

Turbocharger pada mobil memiliki komponen yang saling berhubungan dan membuat turbocharger bekerja dengan baik. Turbocharger memiliki dua komponen yang saling berkaitan yaitu turbin dan kompresor.

Turbin

Komponen pertama yang ada pada turbocharger yaitu turbin. Turbin mobil terdiri dari roda turbin dan rumah turbin. Rumah turbin memiliki fungsi sebagai jalan atau arah gas buang ke bagian roda turbin. Energi dari gas buang tersebut akan memutar bagian roda turbin secara otomatis dan membuat gas buang keluar dari rumah turbin.

Kompresor

Komponen kedua yang ada pada turbocharger yaitu kompresor. Kompresor memiliki beberapa komponen yaitu roda kompresor dan rumah kompresor. Cara kerja dari kompresor ini bertolak belakang dengan cara kerja turbin, yaitu roda kompresor yang ada pada turbin dengan poros baja akan menyebabkan adanya putaran ketika turbin memutar roda kompresor.

Putaran pada kecepatan tinggi ini menjadi menarik udara dan mengompresnya. Kemudian rumah kompresor akan mengubah aliran udara menjadi udara berkecepatan tinggi dan bertekanan rendah. Hal ini akan menyebabkan udara terdorong ke dalam mesin dan mengakibatkan pembakaran bahan bakar lebih banyak sehingga energi mobil meningkat.

Batang Penyambung

Komponen lain yang ada pada turbocharger yaitu batang penyambung. Batang penyambung akan menghubungkan antara turbin dan kompresor. Batang penyambung juga membuat kedua komponen tersebut terhubung sehingga menghasilkan udara yang lebih banyak untuk membantu proses pembakaran dari bahan bakar.

Sebagai komponen yang cukup penting, turbocharger pada mobil tentunya memiliki kelebihan tersendiri sehingga komponen ini sering kali dibanggakan.

Adapun kelebihan dari mobil dengan turbocharger adalah irit bahan bakar, ramah lingkungan, meningkatkan tenaga diesel, dan mengurangi kebisingan pada mobil.

Perawatan turbocharger pada mobil juga perlu diperhatikan agar kualitas turbocharger dapat terus stabil.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi