Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan 3 Langkah Sederhana

| 26 Jan 2024 21:00
Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan 3 Langkah Sederhana
Cara menonaktifkan keyboard laptop (unsplash)

ERA.id - Apakah Anda pernah merasa perlu untuk menonaktifkan keyboard laptop Anda? Bagaimana cara menonaktifkan keyboard laptop?

Mungkin karena Anda menggunakan keyboard eksternal atau hanya ingin menghindari input tidak sengaja saat membersihkan laptop. Menonaktifkan keyboard laptop bisa menjadi solusi yang berguna dalam berbagai situasi.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah mudah untuk menonaktifkan keyboard laptop dan beberapa hal penting lainnya yang harus Anda ketahui.

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Karena keyboard merupakan bagian penting dari laptop Anda, mengaktifkan menjadi metode yang sedikit rumit. Di sini, kami akan menunjukkan cara untuk menonaktifkan sementara dan secara permanen keyboard laptop pada Windows 11 atau 10.

1. Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Anda di Device Manager

Baik Anda ingin menonaktifkan keyboard laptop sementara atau secara permanen, Anda perlu menghapus perangkat input dari Device Manager.

Untuk ini, Anda perlu mengidentifikasi keyboard bawaan di Device Manager. Karena Device Manager akan mencantumkan semua keyboard yang dikenali, termasuk keyboard eksternal, berikut adalah cara mengidentifikasi keyboard laptop Anda dari daftar tersebut.

Langkah-Langkah mengidentifikasi keyboard bawaan di Device Manager:

  1. Tekan Win + R untuk membuka Run.
  2. Ketik devmgmt.msc dan klik OK untuk membuka Device Manager.
  3. Di Device Manager, arahkan pada menu Keyboards.
  4. Klik kanan pada keyboard (HID/Standard) dan pilih Properties.
  5. Pada tab General, periksa bagian Location. Jika tertulis Location 1 atau Plugged into keyboard port, kemungkinan besar itu adalah keyboard internal laptop Anda.
  6. Keyboard Bluetooth dan USB akan menunjukkan On Bluetooth Low Energy dan On US Input Device, sebagai lokasinya.

Jika Anda tidak menemukan keyboard Anda terdaftar, pastikan Anda telah mengatur Device Manager untuk menampilkan perangkat tersembunyi.

2. Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Sementara

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Sementara (unsplash)

Untuk menonaktifkan keyboard laptop sementara, berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Klik kanan pada semua entri HID dan PS/2 Keyboard dan arahkan pada Properties Location diatur ke Location 1 atau Plugged into keyboard.
  2. Selanjutnya, pilih Uninstall Device dari menu.
  3. Klik Yes untuk mengonfirmasi tindakan tersebut.
  4. Anda telah berhasil menonaktifkan keyboard internal laptop Anda.

Meskipun demikian, cara ini adalah solusi sementara. Begitu Anda me-restart sistem Anda, Windows akan mencari perangkat yang terhubung tetapi tidak dikenali dan menginstal driver yang diperlukan agar berfungsi.

3. Menonaktifkan Keyboard Laptop Anda Secara Permanen di Windows

Mematikan keyboard bawaan pada laptop Anda perlu melalui beberapa metode input utama yang tersedia, sehingga tidak ada cara untuk menonaktifkannya dengan sekali klik.

Jika Anda menemukan bahwa keyboard Anda bermasalah dan mengetik sendiri, Anda dapat menonaktifkannya secara permanen menggunakan Command Prompt dan Device Manager.

Meskipun demikian, selain dari masalah hardware, keyboard laptop Anda dapat bermasalah karena banyak alasan lain. Untuk memperbaiki keyboard Anda, periksa pembaruan driver yang tertunda, cukup nonaktifkan tombol-tombol individu, atau bawa ke tukang reparasi laptop kepercayaan Anda bila perlu.

Selain cara menonaktifkan keyboard laptop, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi