Fungsi NFC Pada HP, Salah Satunya untuk Transaksi Digital

| 10 Feb 2024 10:05
Fungsi NFC Pada HP, Salah Satunya untuk Transaksi Digital
Ilustrasi (Freepik)

ERA.id - Salah satu fitur yang terdapat pada handphone dan menjadi salah satu pertimbangan bagi beberapa orang dalam memilih hp saat ini yaitu NFC atau Near Field Communications. Fitur ini ditanamkan di smartphone dan memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Bluetooth. Fungsi NFC pada hp akan dibahas pada tulisan kali ini.

Fungsi NFC pada HP

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah inovasi teknologi yang berfungsi menghubungkan antar perangkat. Selain itu, fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga dapat digunakan kapan saja. NFC juga hanya memerlukan sedikit daya dan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan jaringan lainnya.

NFC adalah standar baru transmisi data secara nirkabel. Standar teknologi NFC menggunakan standar RFID (Radio Frequency Indetification). Teknologi ini menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi. Chip NFC dapat bekerja dengan daya rendah. Oleh karena itu, NFC diklaim lebih hemat baterai dibanding Bluetooth.

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Fungsi NFC di era serba digital seperti saat ini mampu memudahkan berbagai aktivitas. Salah satu fungsi NFC yang paling banyak digunakan adalah memudahkan transaksi cashless. Fitur NFC relatif mudah digunakan dengan didukung kecepatan transmisi melebihi jaringan Bluetooth.

Fungsi lainnya dari NFC adalah sebagai berikut:

Melakukan Transaksi Digital

Ini adalah salah satu fungsi yang sangat menarik dari NFC, yaitu sebagai alat pembayaran digital. Fitur ini sangat cocok digunakan bagi yang tidak ingin repot membawa uang tunai saat melakukan transaksi.

Cara penggunaannya pun cukup simpel, yaitu tempelkan handphone yang memiliki fitur NFC ke mesin sensor yang sudah disediakan. Pastikan kartu kredit atau debit yang digunakan untuk pembayaran di handphone memiliki saldo yang cukup. Smartphone dan mesin sensor akan bertukar data dan melakukan verifikasi. Apabila verifikasi sukses, maka transaksi sudah berhasil.n Biasanya ini dapat digunakan saat pergi ke sebuah restoran ataupun tempat perbelanjaan lainnya yang menyediakan alat pembayaran digital.

Mengecek dan Mengisi Saldo e-Money

Salah satu fungsi dari NFC adalah  dapat melakukan pengecekan dan top up e-Money langsung melalui handphone.  Caranya pun cukup simpel, yaitu dengan menempelkan kartu ke bagian belakang handphone. Setelah itu, isi saldo sesuai dengan nominal yang dibutuhkan.

Berbagi File ke Perangkat Lain

NFC juga bisa digunakan untuk berbagi file layaknya Bluetooth. Jenis file yang bisa dikirim oleh NFC adalah foto, video, kontak hubung, dan  juga aplikasi. File-file ini tak hanya bisa dikirimkan untuk sesesama smartphone, tapi juga untuk perangkat seperti laptop.

Scan Informasi dari Smart Poster

Smart Poster adalah salah satu jenis media kreatif yang akan banyak digunakan oleh brand. Smart Poster memiliki chip NFC di dalamnya sehingga bisa menampilkan konten promosi yang lebih dinamis. Saat menempelkan hp di chip NFC pada poster, maka tampilan halaman web atau konten promo dapat dilihat.

Smart Poster juga digunakan untuk membeli tiket konser, mendapat diskon, atau memberi donasi. Caranya cukup scan chip NFC di Smart Poster kemudian akan diarahkan langsung di hp.

Koneksi Speaker Secara Nirkabel

Speaker mobile saat ini banyak yang sudah tidak menggunakan kabel. Kebanyakan speaker bisa dihubungkan ke smartphone atau berbagai gadget melalui Bluetooth. Namun terkadang ada banyak masalah saat menghubungkan speaker ke hp Android dengan Bluetooth. Koneksi sinyal bisa kadang drop dan suara kurang jernih. Selain Bluetooth, speaker portabel juga dilengkapi NFC. Speaker yang mendukung NFC berfungsi menyambungkan hp ke speaker hanya dengan meletakkan hp di atas speaker. Koneksi nirkabel dari hp ke speaker jadi lebih stabil dan lebih aman dari gangguan sinyal.

Mengisi Daya Smartphone

Perkembangan terbaru dalam NFC saat ini adalah digunakan sebagai pengisi daya untuk smartphone. Teknologi ini memang belum bisa digunakan oleh kebanyakan smartphone namun bisa jadi fasilitas ini akan mulai disebar beberapa tahun ke depan.

Berbagai fungsi NFC tersebut dapat mendukung efektivitas kegiatan di era digital saat ini. NFC sudah menjadi bagian dari kebutuhan kehidupan keseharian. Tetap gunakan NFC sesuai fungsi dan tetap berhati-hati dalam menggunakan agar keamanan tetap terjaga.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi