Apa Itu Paspor Polikarbonat dan Mengapa Lebih Menguntungkan Dibanding Kertas?

| 30 Apr 2024 21:03
Apa Itu Paspor Polikarbonat dan Mengapa Lebih Menguntungkan Dibanding Kertas?
Apa itu paspor polikarbonat (Antara)

ERA.id - Di masa sekarangi, mobilitas antar negara menjadi semakin mudah. Hal tersebut didukung oleh adanya paspor polikarbonat yang berevolusi menjadi lebih aman dan canggih. Lantas, apa itu paspor polikarbonat?

Ingin tahu lebih banyak tentang paspor polikarbonat? Artikel ini akan mengupas tuntas tentang definisi, fitur, kelebihan, dan beberapa fakta menarik lainnya.

Apa Itu Paspor Polikarbonat?

Dilansir dari HID Global, teknologi paspor sedang berubah dari kertas di masa lalu. Dalam 15 tahun terakhir, lebih dari 150 negara telah beralih ke paspor elektronik yang sangat aman yang menggunakan inlay untuk mendukung chip mikrokontroler.

Hingga kemudian muncul paspor polikarbonat (PC). Saat ini, lebih dari 40 negara telah meningkatkan dokumen perjalanan mereka dari halaman data kertas dan laminasi standar menjadi PC.

PC adalah bahan termoplastik umum yang digunakan untuk berbagai keperluan dan relatif mudah diperoleh.

PC sendiri telah menjadi bahan pilihan untuk kartu identitas karena menjadi bahan kuat yang dapat dengan mudah dimanipulasi, dilaminasi, dan diembos. Selain itu, pembuatan paspor PC relatif lebih ekonomis karena biayanya mirip dengan alternatif seperti PET atau PVC.

Dokumen dalam PC berisi beberapa lapisan bahan yang dilaminasi bersama. Selama proses laminasi, lapisan PC dipadukan dan hasil akhirnya adalah bahan jadi yang tidak dapat didelaminasi yang merupakan hal terpenting untuk keamanan dokumen.

Bahan PC sendiri dapat diukir dengan laser, dimana merupakan peningkatan yang sangat kuat dalam keamanan data pribadi dokumen ID. Data pribadi terukir di dalam lapisan dokumen yang lebih dalam, dan dokumen tersebut tidak dapat dengan mudah didelaminasi.

Sebelum melanjutkan bagi Anda yang ingin membuat paspor tanpa perlu ke kantor imigran, Anda bisa membaca artikel Cara Mengajukan Paspor Online.

paspor polikarbonat memiliki keamanan lebih tinggi (Unsplash)

Fitur Baru Paspor Polikarbonat

Kapasitas halaman data Paspor Polikarbonat jauh lebih besar daripada kertas ketika digunakan secara rutin. Penggunaan halaman data PC juga dapat meningkatkan daya tahan halaman data dan akibatnya memperpanjang umur buku.

Selain itu, proses penulisan laser tidak memerlukan bahan habis pakai, jika dibandingkan dengan mesin cetak inkjet yang digunakan untuk personalisasi halaman data kertas yang membutuhkan suplai seperti kartrid tinta.

Untuk paspor elektronik, chip mikrokontroler dapat ditanamkan ke dalam badan halaman data dengan cara yang mirip seperti yang dilakukan untuk KTP dengan tetap menjaga halaman data hampir identik secara visual. Cara ini dapat memainkan peran lapisan elektronik yang digunakan pada generasi pertama e-Paspor.

Akan tetapi, sebagai alternatif cara ini bisa menjadi peningkatan sederhana dari  paspor halaman data kertas. Jenis paspor elektronik juga memiliki tampilan tetap terpisah dari chip di sampul belakang (yang memiliki keuntungan untuk memecah informasi sensitif dokumen, memberikan keamanan lebih lanjut).

Struktur PC juga dapat digunakan untuk serangkaian fitur keamanan inovatif tambahan yang tidak mungkin dicapai pada paspor kertas di antaranya:

  • embossing positif dan negatif pada dokumen
  • penggunaan finishing matte atau glossy pada permukaan dokumen
  • penyertaan efek relief dan pengukiran laser seperti fitur keamanan CLI / MLI
  • penyertaan satu atau beberapa jendela transparan pribadi yang dapat diukir laser dengan berbagai bentuk dan fitur keamanan pada engsel dokumen seperti cetak UV atau embossing.

Selain apa itu paspor polikarbonat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi