Aplikasi Belajar Matematika Gratis untuk Anak-Anak di Android dan iOS

| 02 Jul 2024 19:01
Aplikasi Belajar Matematika Gratis untuk Anak-Anak di Android dan iOS
Aplikasi belajar matematika gratis (freepik)

ERA.id - Banyak siswa ketika belajar matematika terasa membosankan dan penuh hambatan. Namun, di era digital ini, terdapat aplikasi belajar matematika gratis yang memudahkan.

Aplikasi-aplikasi ini hadir sebagai pelengkap dan pendamping proses belajar, menawarkan berbagai fitur menarik dan interaktif. Dengan demikian, para siswa mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar matematika.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Matematika Gratis

Dilansir dari laman Green Springs School, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang membantu pembelajaran matematika:

  1. King of Maths

"King of Maths" adalah aplikasi edukasi yang membantu anak-anak belajar dasar-dasar aljabar, geometri, pembagian, dan persamaan matematika lainnya melalui permainan yang menarik.

Melalui aplikasi ini, anak-anak akan memilih karakter dan menyelesaikan tantangan matematika dalam penjumlahan dan pengurangan.

Aplikasi ini juga mendorong keterampilan pemecahan masalah dengan membuat anak-anak menemukan angka yang hilang untuk mendapatkan jawaban yang benar.

Dirancang untuk meningkatkan pengetahuan matematika siswa sekolah dasar, King of Maths tersedia untuk diunduh di Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple Store untuk perangkat iOS.

  1. Math Tango

Math Tango akan membawa anak-anak ke sebuah pulau ajaib di mana mereka menyelesaikan tantangan matematika untuk mengumpulkan permata dan membuka monster.

Dibimbing oleh Paman Fibonacci, anak-anak melanjutkan melalui puluhan pelajaran matematika, mendapatkan hadiah, dan membangun dunia fantastis.

Aplikasi ini menggabungkan permainan yang menyenangkan dengan konten edukatif, dan menjadikannya pilihan yang bagus untuk meningkatkan keterampilan matematika. Menariknya, Math Tango juga tersedia untuk perangkat tablet.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

  1. Monster Math

Monster Math menawarkan cara yang menyenangkan bagi anak-anak berusia 6-10 tahun untuk mempraktikkan lebih dari 67 keterampilan matematika, termasuk geometri dasar, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, faktor, bilangan prima, dan desimal.

Permainan ini akan melibatkan mengalahkan monster jahat dan menyelamatkan teman, yang membuat latihan matematika lebih menarik.

Aplikasi Monster Math (Play Store)
  1. Zap Zap Fraction

Zap Zap Fraction membantu anak-anak memahami pecahan melalui pelajaran dan tantangan. Dirancang untuk anak-anak berusia 5-12 tahun, aplikasi ini menawarkan permainan interaktif yang menguji pengetahuan mereka tentang pecahan.

Menggabungkan konten edukatif dengan permainan yang menyenangkan, Zap Zap Fraction tersedia untuk diunduh di berbagai perangkat.

  1. Madagascar Math Ops

Terinspirasi oleh film Madagascar, Madagascar Math Ops menampilkan Penguin dalam petualangan matematika.

Anak-anak membantu Penguin melalui operasi rahasia dengan menyelesaikan ribuan masalah matematika, termasuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Permainan ini cocok untuk kelas 1 hingga 4 karena menarik dan edukatif, dan membuat latihan matematika menyenangkan.

  1. Number Rack

Number Rack dirancang untuk mengembangkan pemahaman angka anak-anak secara alami. Aplikasi ini memiliki 10 garis manik-manik, masing-masing dengan 10 manik-manik, yang dapat dipindahkan anak-anak untuk belajar menghitung, penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian dasar.

Manik-manik berwarna mendorong strategi pengelompokan, membantu anak-anak menjelajahi berbagai metode penjumlahan dan pengurangan. Number Rack ideal untuk kelas dasar dan tersedia di App Store untuk perangkat iOS.

  1. KenKen Classic

KenKen Classic menggabungkan matematika dengan logika, mirip dengan Sudoku. Aplikasi ini akan melibatkan penjumlahan tetapi mencakup berbagai teka-teki dan aturan yang membuatnya menyenangkan dan menantang.

Selain aplikasi belajar matematika gratis, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi