Apple Akan Menghapus Emisi Karbon dalam Produknya

Tim Editor

Ilustrasi Apple

ERA.id - Apple Inc berkomitmen akan menghapus emisi karbon dari seluruh bisnis mereka, termasuk pada produk dan rantai pasokan, pada 2030. Dikutip dari Reuters, Rabu (22/7/2020), Apple mengatakan operasional perusahaan mereka secara global, seperti kantor dan pusat data (data center), sudah netral dari karbon.

Apple berencana mengurangi emisi karbon sampai 75 persen dan 25 persen di antaranya melalui proyek menanam pohon dan mengembalikan habitat alami. Proyek ini antara lain berupa restorasi mangrove di Kolombia dan savana di Kenya. Namun, tidak disebutkan berapa dana yang akan dikucurkan untuk program ini.

Sementara untuk rantai pasokan, Apple membidik isu yang mereka namai scope three. Sebanyak 74 persen emisi karbon Apple dihasilkan dari pabrik. Untuk mengatasi scope three dari pabrik, perusahaan tersebut akan menggelontorkan dana sebesar 100 miliar dolar Amerika Serikat "U.S-China Green Fund", yang akan digunakan para pemasok untuk membuat proyek efisiensi energi.

Apple bersama pemasok juga menggunakan material daur ulang. IPhone, seperti dikatakan Apple, yang beredar sekarang menggunakan bahan daur ulang. Apple juga membuat robot untuk mengekstrak material dari perangkat mereka.

Berdasarkan laporan terbaru Apple tentang dampak lingkungan, jejak karbon mereka mencapai 25,2 juta ton.

Tag: produk apple apple apple store teknologi

Bagikan :