Canggih, YouTuber Ini Ciptakan Robot Pemotong Rambut

Tim Editor

Robot Pemotong Rambut (Foto: Youtube/Shane of Stuff Made Here)

ERA.id - Sebagian salon atau barbershop terpaksa menutup sementara waktu untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Hal ini membuat sebagian besar dari kita memotong atau merapikan rambut di rumah.

Tapi, salah satu YouTuber akun Shane of Stuff Made Here menjadikan kondisi ini untuk memicu kreativitas. Dia menciptakan robot untuk membantunya mencukur rambut. Robot ini dirancang memiliki gerakan seperti lengan manusia.

Robot Pencukur Rambut. Dok: Youtube/Shane of Stuff Made HereRobot Pemotong Rambut (Foto: Youtube/Shane of Stuff Made Here)

Aktivitas ini dilakukan pemangkas rambut bak di salon atau barber shop, yakni mengoperasikan dengan gunting. Robot pemotong rambut ini dilengkapi kecerdasan buatan atau Artificial Intteligence (AI), sehingga dapat berkomunikasi dengan suara.

Untuk pemilihan gaya rambut, YouTuber ini membuat aplikasi di iPad. Nantinya, kita bisa memilih model potongan rambut yang disukai. Lalu, model potongan rambut menjadi rujukan robot ketika memangkas rambut setiap objek.

Pengujian robot memotong wig [YouTube: Shane of Stuff Made Here]. Robot Pemotong Rambut (Foto: Youtube/Shane of Stuff Made Here)

Menurut Shane, ia percaya bahwa penata rambut robot memiliki banyak potensi.

“Kemungkinan untuk mesin jenis ini tidak terbatas. Hal yang paling menarik adalah potongan rambut yang terlalu sulit untuk dicapai oleh pemotong rambut manusia. Bayangkan robot ini bekerja dengan sempurna secara matematis dari satu sisi kepala ke sisi lainnya. Bayangkan jika saya menambahkan pemotong rambut dengan pola lithopane yang sempurna ke rambut kalian," ungkap Shane yang dikutip dari Ubergizmo, Minggu (2/8/2020).

Tag: robot covid-19

Bagikan :