Bandara Inggris Pekerjakan Robot untuk Valet Parkir

Tim Editor

    Robot valet parkir Stan (Stanley Robotics)

    Jakarta, era.id - Perkembangan inovasi teknologi semakin canggih. Bahkan untuk memarkirkan mobil kalian, sudah tidak perlu repot-repot lagi karena sudah ada robor cerdas yang jadi petugas valet parking.

    Ya inovasi robot valet parking ini sedang diuji coba di Bandara Gatwick, Inggris. Robo-valet parking bernama Stan ini bakal memarkirkan mobil kalian secara otomatis.

    Dikembangkan oleh Stanley Robotics, perusahaan teknologi yang berbasis di Paris, Prancis. Robo-valet Stan ini memiliki alat semacam forklift (dongkrak) yang akan mengangkat mobil kalian untuk dibawa ke spot parkir yang tersedia.



    Mengutip dari Engadget, Selasa (18/3/2019) Stan bisa menyusun ruang parkir yang muat untuk 500 kendaraan sekaligus baik itu SUV, MVP atau City Car. Menariknya, kalian hanya perlu mengkonfirmasi tiket parkir, maka si robot parkir Stan akan mencarikan tempat parkir yang tersedia. 

    Stan juga dilengkapi dengan sensor untuk memindai jenis dan ukuran mobil kalian untuk mendapatkan spot parkir yang tepat. Tak cuma itu Stan juga dirancang untuk mengurutkan kendaraan kalian sesuai dengan waktu kedatangan atau berapa lama kalian akan parkir. 

    Soal keamanan, tidak perlu khawatir. Robot canggih ini dilengkapi dengan sistem GPS militer yang ditanamkan sehingga meminimalisasi kesalahan lokasi parkir. Setiap mobil yang terparkir akan dicatat oleh sistem sehingga kecil kemungkinan akan hilang.
     


    Untuk memuluskan gerak Stan dalam memarkirkan kendaraan, pihak Bandara Gatwick pun siap merenovasi beberapa infrastruktur, termasuk mengganti garis parkir serta tiang lampu, sehingga kapasitas area parkir ini bisa muat sampai 100 mobil lagi.

    Selama 3 bulan, Stan akan diuji coba di Bandara Gatwick. Robot parkir serupa Stan sudah diuji coba di beberapa bandara, seperti Bandara Charles de Gaulle, Prancis sampai Bandara Dusseldorf, Jerman. 
     

    Tag: chipset teknologi 7nm pengembangan robot robot pepper hari perempuan internasional

    Bagikan :