Ini 17 Aplikasi Terbaik di iPhone yang Wajib Kamu Miliki

| 05 Apr 2021 15:29
Ini 17 Aplikasi Terbaik di iPhone yang Wajib Kamu Miliki
IPhone (Cnet)

ERA.id - Salah satu pertimbangan terbesar seseorang ketika ingin membeli smartphone baru adalah apakah sebaiknya memilih iPhone atau smartphone Android dari berbagai merek.

Meski begitu, sebagai smartphone yang tergolong ekslusif, iPhone nyatanya punya kinerja yang lebih intuitif dibandingkan smartphone Android dari berbagai merek. 

Apalagi, iPhone dilengkapi berbagai aplikasi menarik yang dapat memudahkan beragam aktivitas penggunanya. Semua aplikasi tersebut tersedia di Apple App Store, baik versi gratis maupun berbayar.

Apalagi, beberapa aplikasi diketahui juga hanya tersedia di iPhone loh. 

Nah, bagi kamu yang menjadi pengguna iPhone, berikut ini adalah 17 aplikasi terbaiknya!

1. LastPass

LastPass merupakan aplikasi pengelola kata sandi lintas platform yang sangat bagus dibanding banyak pesaing. Apalagi, aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Apple App Store. Aplikasi ini menggabungkan fitur password vault dan pembuat password yang kuat ke dalam satu paket, dan berfungsi dengan Safari ataupun berbagai browser serta aplikasi iOS lainnya. LastPass akan secara otomatis mengisi formulir dan detail login saat menjelajahi web dan mengakses situs.  

Di iOS, layanan ini memungkinkan kamu menggunakan kata sandi utama atau TouchID untuk mengakses vault dan login secara cepat di berbagai aplikasi. Pengguna juga dapat membuat kata sandi baru serta menambah atau memperbarui daftar Isi Formulir, Situs, dan Secure Notes. 

2. Unfold

Unfold adalah aplikasi keren yang kreatif dan mudah digunakan untuk menghasilkan konten story Instagram yang bagus serta rapi. Dengan mendownload aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan banyak template yang bagus dan elegan untuk diaplikasikan pada foto maupun konten lainnya. 

Konten story yang dihasilkan melalui aplikasi ini lebih cenderung stylish dan simpel, lebih berkesan elegan, dengan 25 template gratis dan lima font, berlaku untuk konten foto dan video. Bahkan, jika kamu bersedia membayar, ada banyak lagi fitur yang tersedia sebagai pembelian dalam aplikasi.

3. Camera+

Camera+ merupakan aplikasi kamera sekaligus editor. Terlepas dari banyaknya pilihan yang tersedia, antarmuka awalnya cukup minim, dengan strip mode di bagian atas layar, penggeser zoom, dan rana. Tetapi ketuk tombol + dan kamu mengungkapkan mode lebih lanjut, termasuk pengatur waktu, penstabil, dan deteksi senyum. 

Demikian pula, ketuk area jendela bidik dan Camera+ akan memasuki mode 'pro', dengan kontrol manual, dan opsi pemandangan untuk pemotretan dalam kondisi pencahayaan tertentu. Antarmukanya rumit dibandingkan dengan Obscura 2, tetapi Camera + tidak diragukan lagi sangat bagus. 

Pasca pemotretan, kamu dapat mengedit dengan alat penyesuaian, filter, dan bingkai di Lightbox. Semua tur dikemas dengan desain tampilan yang sangat ramah dan mudah dipahami, dan meskipun berbagai alat tidak sebanding dengan Snapseed, itu cukup untuk membuat kamu tetap dalam satu aplikasi untuk sebagian besar.

4. Pixelmator

Jika tur pengeditan foto di Camera+ dirasa tidak cukup, kamu mungkin membutuhkan Pixelmator. Pixelmator adalah aplikasi pengedit gambar dan foto yang kuat dengan banyak fitur dan benar-benar menakjubkan untuk smartphone. Aplikasi ini sangat populer dan bagus, layaknya aplikasi Phostoshop di PC. 

Pixelmator dikemas dengan banyak alat dan opsi penyesuaian, dan berfungsi dengan baik apakah kamu ingin mengerjakan lukisan digital atau membuat mahakarya fotografi dengan layer-layer. Di iPhone, Pixelmator secara alami agak sempit dibandingkan dengan menggunakan aplikasi di iPad, tetapi masih sangat bagus dan nyaman dipakai.

5. Filmic Pro

Filmic Pro adalah aplikasi perekam video untuk orang-orang yang menginginkan sesuatu yang lebih canggih daripada kamera bawaan di iPhone. Kamu akan mendapatkan kontrol dial untuk mengontrol fokus dan eksposur secara manual. Aplikasi ini juga menawarkan clipper, dan memungkinkan kamu menyesuaikan white balance dan frame rate. 

Buat kamu yang sudah pro, tersedia juga kit sinematografer dalam paket pembelian aplikasi. Dengan begitu, iPhone milikmu dapat meniru kit kamera kelas profesional yang harganya mahal. Dengan asumsi bahwa spesifikasi iPhone milikmu cukup tangguh, aplikasi ini dapat meningkatkan frame rate ke 240 fps, merekam dalam resolusi 4K, dan membuat beragam konten kelas Hollywood dalam berbagai rasio aspek. 

Mungkin terdengar cukup berlebihan bagi kamu yang sesekali merekam video di iPhone. Namun, jika kamu seorang konten kreator yang berambisi membuat video berkualitas menggunakan iPhone, Filmic Pro adalah jawabannya. 

7. Infuse Pro 6

Infuse Pro 6 adalah aplikasi pemutar video premium di iOS. Bukan hanya desainnya yang indah, aplikasi ini juga memiliki fitur terbaik dibanding pemutar video lainnya. Aplikasi mendukung hampir semua format video untuk ditonton langsung di iPhone. 

Kamu tidak perlu lagi repot-repot mengonversi file. Perlu diketahui, Infuse Pro 6 hadir  dengan opsi streaming kuat, sinkronisasi Trakt, dukungan AirPlay, serta subtitle yang lengkap. Meski semua fitur tidak datang dengan harga murah, Infuse Pro 6 adalah pilihan tepat jika kamu ingin yang terbaik. 

8. GarageBand

GarageBand merupakan aplikasi pembuatan musik dan studio rekaman. Aplikasi ini baik digunakan untuk pemula maupun musisi profesional. Untuk pendatang baru, ada instrumen pintar yang mengotomatiskan akord, riff, dan pad grid untuk memicu sampel maupun loop. 

Kamu dapat plug-in gitar dan menggunakan rangkaian ampli GarageBand, bereksperimen dengan timeline, serta membuat pola drum di Beat Sequencer. Namun, untuk profesional, aplikasi ini terhubung ke aplikasi lain melalui Inter-App Audio dan Audiobus, dapat 'mengimpor' seluruh aplikasi pihak ketiga sebagai Unit Audio. Hal ini memungkinkan kamu merekam, mengatur, dan mix up to 32 trek.

9. Apple iWork

Jika di Windows ada Microsoft Office, Apple punya iWork. Perlu diketahui, iWork adalah paket produktivitas untuk pekerjaan kantoran. Pages, Numbers, dan Keynote akan memberi kamu hasil yang sama dengan antarmuka berbeda. 

Dan kamu tidak perlu khawatir jika rekan kerja menggunakan Microsoft, tidak akan ada masalah. Kamu tetap dapat mengekspor dokumen yang sesuai. Dengan iCloud, kamu juga dapat menyimpan semua pekerjaan di cloud untuk akses mudah dari perangkat iOS apa pun, atau di web, baik ketika menggunakan Mac atau PC.

10. Unroll.Me

Meskipun dapat memberikan infromasi penting, tapi berlangganan newsletter terkadang cukup mengganggu karena jumlahnya yang cukup banyak tidak jarang membuat email penting lainnya jadi tenggelam .

Nah, buat kamu yang mungkin sedang mengalami momen seperti ini dan ingin mem-filter newsletter yang masuk ke inbox email, aplikasi Unroll.Me ini bisa jadi solusi tepat buatmu. Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah melakukan filter newsletter yang dianggap perlu di-unsubscribe, dipisahkan ke folder lain, ataupun yang ingin tetap ditampilkan di inbox.

Unroll.Me sendiri mendukug sejumlah aplikasi email seperti Gmail, Google Apps, AOL, dan Outlook.

11. HomeCourt

Hobi bermain basket dan mau punya pelatih pribadi tapi terkendala dengan biaya? Kalau gitu aplikasi HomeCourt ini wajib kamu install di iPhone milikmu.HomeCourt adalah aplikasi luar biasa canggih yang mampu menjadi pelatih pribadi kamu ketika bermain basket.

Aplikasi ini bekerja dengan cara menangkap bagaimana kamu bermain basket mulai dari dribbling, membidik bola ke ring, hingga gerakan tubuh penggunanya ketika bermain. HomeCourt menggabungkan konsep pelatihan dasar berteknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan analisis secara langsung (real-time).

Metode ini diklaim mampu membantu pengguna untuk meningkatkan skill dalam bermain basket.

12. Mint

Untuk kamu yang merasa bahwa uang di rekening bank cepat berkurang, tetapi tidak ingat akan semua pengeluaran dan transaksi yang sudah dilakukan, maka harus memiliki aplikasi Mint di iPhone milikmu. 

Ini adalah aplikasi untuk mengendalikan anggaran bulanan kmau. Mint akan terintegrasi dengan rekening tabungan atau transaksi kartu kredit kamu. Ini adalah aplikasi yang baik untuk mengendalikan pengeluaran kamu setiap hari. Mint akan membuat kamu dapat mengecek saldo di rekening bank tanpa perlu log in ke akun internet banking atau pergi ke ATM.

13. Enlight Photofox

Dikembangkan oleh developer Lighticks, Enlight Photofox merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan penggunanya beragam fitur yang mungkin belum pernah ada di aplikasi serupa lainnya.

Salah satu fitur unggulannya adalah double exposures di mana pengguna dapat menggabungkan dua objek sekaligus sehingga menghasilkan foto yang artistik. Lewat aplikasi ini, semua hal rumit yang sebelumnya hanya bisa kamu kerjakan lewat aplikasi profesional seperti Photoshop, kini bisa dengan mudah dilakukan lewat iPhone kamu.

14. Apollo for Reddit

Apollo for Reddit adalah browser Reddit iOS yang luar biasa karena dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti penyuntingan komentar, jump bar, media viewer untuk menampilkan foto, video, dan GIF, dan fitur lainnya.

Apollo for Reddit sendiri diciptakan dengan desain yang simpel dan minimalis sehingga akan memudahkan para penggunanya ketika menggunakan aplikasi ini. Selain itu, untuk menambah kenyamanan pengguna, aplikasi ini juga menyediakan fitur dark mode sehingga bisa membuat penggunanya betah memandangi layar tanpa merasakan lelah pada mata.

15. Fitocracy

Fitocracy merupakan aplikasi fitness yang dapat membantu penggunanya untuk membentuk gaya hidup sehat dengan cara yang menyenangkan. Fitocracy cocok banget buat kamu para penggila olahraga. Di aplikasi ini, pengguna ditantang untuk mengumpulkan sejumlah poin untuk menaikkan level, melakukan quest, dan memecahkan achievement sehingga dapat mendorong mereka untuk tetap semangat berolahraga.

Selain itu, sesama pengguna aplikasi ini juga dapat melihat rutinitas latihan, poin yang didapat, level dan juga pencapaian satu sama lain. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan komentar loh!

16. Overcast

Overcast adalah aplikasi podcast iOS yang dibuat oleh Marco Arment, pengembang yang juga mendirikan aplikasi populer lainnya seperti Tumblr dan Instapaper.

Aplikasi Overcast memiliki tampilan yang simpel dan mendukung beberapa fitur favorit untuk menemani kamu mendengarkan konten podcast dari berbagai channel podcast yang tersedia. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur download yang memungkinkan penggunanya untuk memutar podcast secara offline sehingga kamu tetap bisa mendengarkannya meskipun tanpa kuota internet.

17. Instapaper

Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan berita terkini namun terlalu malas membawa koran, maka bisa mendownload aplikasi Instapaper. Bisa dibilang ini adalah korannya para pengguna iPhone.

Dalam aplikasi ini, memuat berita-berita terkini dari seluruh dunia dnegan topik yang selalu update. Bagusnya lagi, Instapaper bisa digunakan meskipun kamu sedang tidak online loh. Dan kelebihan lainnya, Instapaper ini gratis!

Itulah 17 aplikasi terbaik buat iPhone yang wajib kamu miliki. Nah, selamat mendownload ya!

Tags : aplikasi iphone
Rekomendasi