Fitur Baru WhatsApp View Once, Pesan Hilang Otomatis Setelah Dibaca, Begini Cara Pakainya

Tim Editor

Whatsapp

ERA.id - Fitur terbaru WhatsApp bernama fitur View Once bakal segera diluncurkan. Dalam fitur itu dimungkinkan membuat konten media, seperti foto dan video yang langsung hilang setelah pengguna melihatnya.

Fitur View Once juga membuat foto dan video mendapat keterangan dari WhatsApp bahwa konten tersebut telah dibuka oleh penggunanya.

CEO Facebook yang merupakan perusahaan induk WhatsApp Mark Zuckerberg mengatakan, interaksi paling penting yang dimiliki seseorang adalah pesan pribadi lewat Fftur View Once.


Lantaran itu, mereka fokus mengembangkan fitur yang dapat menjaga obrolan dan pesan yang bersifat pribadi.

Sebelum resmi dirilis, fitur View Once telah melalui uji coba selama sebulan.

Selain itu, WhatsApp juga telah melakukan uji coba terhadap fitur yang membuat pesan dapat menghilang setelah sepekan. Fungsi fitur baru WhatsApp sejatinya sudah diaplikasikan Snapchat.

Fitur milik Snapchat yang mirip itu yakni Stories, memungkinkan pengguna mengunggah konten dan akan hilang setelah 24 jam.

Aplikasi Snapchat makin populer sejak tahun lalu karena pandemi COVID-19 yang membuat pengguna harus selalu berada di rumah.

Berikut cara menggunakan fitur Whatsapp pesan foto dan video hilang usai dilihat:

1. Pilih foto atau video yang akan dikirim
2. Klik tombol angka 1 dengan lingkaran di sebelah kiri tombol kirim untuk mengaktifkan fitur hilang setelah dilihat. Klik lagi untuk menonaktifkan fitur tersebut.
3. Jika fitur foto-video terhapus usai dilihat diaktifkan, foto atau video itu tidak akan langsung menampilkan gambar. Alih-alih penerima akan mendapat notifikasi dengan keterangan "photo" atau "video" dengan angka 1.
4. Jika penerima telah membuka pesan, maka keterangan notifikasi foto dan video akan berubah menjadi "opened" (sudah dibuka).

Sebelumnya WhatsApp telah meluncurkan pesan menghilang pada November 2020. Pesan itu bisa hilang tujuh hari sejak dikirim. View Once ini merupakan perpanjangan dari fitur pesan menghilang yang diluncurkan WhatsApp tahun lalu.


Tag: whatsapp fitur baru whatsapp

Bagikan: