Telegram Perkenalkan Fitur Mirip Clubhouse dan Hapus Chat Otomatis

Tim Editor

Ilustrasi: Telegram. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Telegram memperbarui platform chatting mereka dengan menambah opsi hapus chat secara otomatis (auto-delete), pengaturan jangka waktu link invitasi, hingga fitur grup 'broadcast suara', seperti disampaikan dalam sebuah posting blog, Selasa, (23/2/2021).

Sama seperti aplikasi Signal, Telegram menerima banyak limpahan pengguna baru setelah kompetitor mereka, WhatsApp, dibayangi isu privasi di pembaruan kebijakan terakhir. Kini Telegram cepat-cepat mengadaptasi fitur kompetitor mereka, dengan aspek privasi dan keamanan aplikasi sebagai tawaran utama.

Fitur auto delete
(Ilustrasi: Telegram)

Opsi hapus otomatis sebenarnya sudah jadi bagian dari fitur Secret Chats yang ada di Telegram. Namun, fitur baru ini memampukan fitur tersebut diterapkan di segala jenis percakapan di platform tersebut.

Fitur hapus otomatis ini bisa disematkan khusus di sebuah percakapan (chat), dan periode penghapusan bisa diatur antara 24 jam hingga 7 hari setelah pesan diterima. Namun, untuk diketahui, opsi ini tidak akan menghapus pesan yang diterima sebelum opsi diaktifkan.

Fitur 'auto-delete' ini tidak benar-benar eksklusif di Telegram. Whatsapp sudah memperkenalkan fitur ini di tahun 2020, sementara Signal membuat fitur pesan yang terhapus otomatis di tahun 2016.

Selain fitur itu, Telegram juga memperkenalkan fitur 'siaran suara' dalam format grup tak terbatas, yang membuat orang teringat akan platform Clubhouse yang tengah populer. Fitur bernama 'Broadcast Groups' ini bisa diikuti oleh sebanyak mungkin orang, namun, pembuatan posting hanya terbatas bagi para admin.

Chat suara di grup 'broadcast' ini nantinya bisa didengarkan oleh seluruh anggota grup. Telegram menyebut fitur ini sangat ideal untuk "komunitas skala besar di mana orang-orang bisa mendengarkan wawancara, siaran berita, atau percakapan secara eksklusif."

Untuk menjaga sisi eksklusivitas grup broadcast ini, Telegram mempersilakan pengguna mengatur tenggat waktu link invitasi. Dengan fitur semacam ini, admin grup akan lebih mudah memoderasi siapa orang yang bisa bergabung dan menjaga agar percakapan tetap bersifat tertutup.

Tag: whatsapp Telegram Clubhouse

Bagikan: