Apa Itu Market Positioning? Strategi Membuat Bisnis Lebih Unggul dan Dikenali

| 25 Jun 2024 23:00
Apa Itu Market Positioning? Strategi Membuat Bisnis Lebih Unggul dan Dikenali
Ilustrasi market positioning (Freepik)

ERA.id - Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, Anda harus memikirkan strategi supaya bisnis bisa stand out di pasar. Jika tidak mampu membranding bisnis secara kreatif dan kuat, bisnis Anda bisa tenggelam atau tertinggal dari kompetitor. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah market positioning.

Market positioning merupakan salah satu strategi bisnis yang efektif membangun citra di mata target market. Strategi ini juga termasuk dalam ranah atau konsep branding untuk memperkenalkan produk maupun jasa ke masyarakat lebih luas. 

Dalam membangun branding, jangan hanya memikirkan cara agar bisnismu dikenali. Namun pastikan juga bisnismu memiliki citra atau identitas yang mempersepsikan pandangan tertentu. Lantas apa itu market positioning dan cara kerjanya dalam strategi bisnis?

Apa Itu Market Positioning?

Market positioning adalah kemampuan suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap produk mereka dibandingkan dengan produk dari pesaing. Strategi ini mendorong perusahaan untuk memiliki produk atau layanan yang berkualitas unggul dibandingkan yang ditawarkan pesaing.

Untuk melakukan market positioning, perusahaan perlu terus memantau tren pasar dan melakukan analisis competitive intelligence secara efektif. Tujuan dari market positioning adalah untuk menetapkan citra atau identitas merek sehingga konsumen dapat mengasosiasikannya dengan pandangan tertentu.

Sebagai contoh, perusahaan otomotif Toyota dan Subaru memposisikan diri mereka sebagai penyedia mobil merakyat dengan harga terjangkau. Di sisi lain, Rolls Royce dan Mercedes berusaha untuk memposisikan diri sebagai produsen mobil mewah dengan desain elegan dan kualitas tinggi yang diakui secara global.

Ilustrasi market positioning (Freepik)

Strategi Marketing Positioning

Sebuah brand atau bisnis dikenali oleh publik melalui persepsi, impresi, dan perasaan yang tercipta dari produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk bisa membuat brand yang melekat kuat di benak target market, ada beberapa jenis strategi marketing positioning yang bisa diterapkan. 

Berikut ini jenis-jenis strategi market positioning yang bisa Anda pilih untuk membranding brand atau bisnis Anda:

Differentiation

Strategi differentiation adalah menghadirkan perbedaan untuk terlihat lebih menonjol dan atraktif dibandingkan para pesaingnya. Perbedaan bisa diberikan dari segi varian dan fitur-fitur baru pada produk atau jasanya. 

Pricing

Pricing adalah strategi mempengaruhi minat pelanggan dengan cara menetapkan harga yang relatif murah dibanding pesaingnya. Misalnya perusahaan memasang harga terendah untuk produk atau jasa tertentu yang ditawarkan. 

Quality

Quality merupakan strategi market positioning yang mendorong perusahaan mengembangkan kualitas produk atau layanan mereka. Strategi ini paling cocok diterapkan oleh luxury brand dan bisnis food & beverage. 

Customer Service

Strategi ini dilakukan untuk membuat perusahaan dinilai memiliki layanan yang baik atau good service. Caranya dengan menghadirkan layanan customer service yang bekerja secara fast respon dan selalu sedia untuk menjawab permintaan konsumen. 

Cara Kerja Market Positioning

Penerapan market positioning dalam bisnis memang membutuhkan langkah-langkah tertentu. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk menjalankan strategi market positioning:

Mengidentifikasi Keunggulan

Langkah pertama dalam membentuk strategi market positioning yang efektif adalah mengenali keunggulan kompetitif pada brand atau bisnis mereka. Langkah ini biasanya dilakukan pada tahap awal perencanaan market positioning.

Proses identifikasi ini membantu perusahaan menentukan area di mana mereka unggul dan strategi apa yang dapat diterapkan untuk memanfaatkannya. Keunggulan kompetitif juga dapat menjadi alat yang efektif untuk menarik perhatian konsumen di pasar.

Menganalisis Posisi Bisnis atau Brand di Pasar

Menganalisis posisi bisnis atau merek di pasar dapat memberikan perusahaan wawasan tentang perubahan ekonomi, pesaing, tren pasar, dan perilaku pembelian pelanggan.

Analisis posisi ini merupakan elemen krusial yang membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih terinformasi dan tepat.

Menganalisis Posisi Kompetitor di Pasar

Menganalisis posisi pesaing di pasar juga merupakan langkah krusial dalam merancang strategi market positioning. Langkah ini sangat penting untuk memahami posisi pesaing dan menemukan peluang di pasar yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Analisis ini juga memberikan informasi mengenai kelemahan dan keunggulan mereka dalam pasar.

Menentukan Kebutuhan Pelanggan dan Menyusun Strategi

Untuk menentukan kebutuhan pelanggan yang perlu dipenuhi, Anda dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya serta memahami posisi, kekuatan, dan peluang perusahaan.

Pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pelanggan memainkan peran krusial dalam memudahkan pembentukan persepsi yang tepat.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu market positioning dalam branding bisnis. Strategi ini efektif membuat produk atau layanan bisnis Anda lebih unggul dan terlihat di pasar dibandingkan kehadiran kompetitor. Baca juga pentingnya strategi branding di era digital.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi