Tips Berkendara Motor Aman pada Malam Hari

| 07 Jan 2023 15:05
Tips Berkendara Motor Aman pada Malam Hari
Tips berkendara motor malam hari (Unsplash)

ERA.id - Terdapat beberapa tips berkendara motor malam hari agar Anda selamat sampai tujuan. Hal tersebut lantaran berkendara waktu siang dan malam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa hal penting dalam bermotor di antaranya gunakan helm yang sesuai standar, pakaian yang sesuai, dan menjaga kecepatan yang berlaku dan hindari berkendara terlalu cepat. Sebelum membahas beberapa tips berkendara, berikut ini beberapa istilah yang harus Anda pahami terlebih dahulu:

Jalan Malam Naik Motor Namanya Apa?

Istilah yang mungkin sesuai untuk menggambarkan aktivitas berkendara motor di malam hari adalah night ride.

Namun, jika Anda sedang mencari istilah yang lebih spesifik untuk menggambarkan perjalanan jauh di malam hari, Anda mungkin ingin menggunakan istilah "long night ride" atau "overnight ride".

Kedua istilah ini menggambarkan perjalanan yang dilakukan di malam hari dengan durasi yang lebih lama daripada sekedar night ride.

Night Ride Artinya Apa?

Night ride adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menggambarkan aktivitas berkendara motor di malam hari. Ini bisa mencakup berkendara di jalan raya atau melakukan perjalanan panjang di malam hari.

Night ride juga bisa merujuk pada acara atau kegiatan berkendara motor di malam hari yang diadakan oleh komunitas atau klub motor.

Tips Berkendara Motor Malam Hari

Berikut adalah beberapa tips berkendara motor di malam hari:

  1. Gunakan lampu utama

Selama berkendara di malam hari lampu utama akan membantu Anda melihat jalan di depan Anda dan membantu orang lain melihat Anda.

Kemudian jika memungkinkan, gunakan lampu kabut atau lampu senja selama cuaca buruk atau kabut tebal. Lampu ini akan membantu Anda melihat jalan di depan Anda dengan lebih jelas. Namun jenis lampu ini hanya ada pada beberapa jenis kendaraan atau variasi.

  1. Jaga kecepatan Anda

    Jaga kecepatan berkendara ketika malam (Unsplash)

Kecepatan tinggi di malam hari dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena Anda mungkin tidak dapat melihat hal-hal yang terjadi di depan Anda dengan jelas.

  1. Jangan menggunakan handphone selama berkendara

Fokus pada jalan di depan Anda dan hindari menggunakan handphone atau perangkat elektronik lainnya selama berkendara.

  1. Hindari Blind Spot

Bersikap hati-hati terhadap pengemudi mobil yang mungkin tidak melihat Anda. Ingat bahwa pengemudi mobil mungkin tidak selalu melihat motor Anda di malam hari, jadi hindari terlalu dekat dengan mobil lain saat berkendara.

  1. Jaga Pandangan dari Hewan

Bersiap untuk kemungkinan hewan liar di jalan. Hewan liar sering muncul di jalan di malam hari, jadi hindari mengemudi terlalu cepat di daerah yang rawan hewan liar dan selalu siap untuk mengerem jika Anda melihat hewan di jalan.

  1. Pakai Pakaian Khusus

    Sesuaikan outfit berkendara kamu (Unsplash)

Gunakan pakaian yang membuat Anda terlihat lebih terang di malam hari. Memakai pakaian yang terang akan membantu orang lain melihat Anda lebih mudah di malam hari.

  1. Pastikan BBM Cukup

Pastikan Anda memiliki cukup bahan bakar untuk perjalanan Anda. Jangan terlalu dekat dengan titik terisi bahan bakar untuk menghindari terpaksa berhenti di tempat yang mungkin tidak aman di malam hari.

Selain tips berkendara motor malam hari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi