Bikers Pasti Paham, Berikut Beberapa Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh

| 09 Oct 2022 06:05
Bikers Pasti Paham, Berikut Beberapa Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh
Ilustrasi bermotor. (Foto: Dok. Jasa Raharja)

ERA.id - Motor adalah salah satu moda transportasi yang paling banyak dipilih. Rata-rata di semua jalan raya, sepeda motor terlihat bersliweran dan memenuhi jalan. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja, bekerja, dan sebagainya, motor juga digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

Ilustrasi bermotor jarak jauh. (Twitter.com)

Hal ini kerap kita dapati saat libur hari raya, saat banyak perantau di ibu kota melakukan mudik ke kampung halaman.

Penggunaan motor memang cenderung lebih mudah daripada kendaraan lainnya. Dengan sepeda motor, kita bisa lebih cepat menempuh perjalanan, karena kendaraan ini berpotensi menyelip di sela-sela kendaraan yang lebih besar. Namun, hal yang sangat disayangkan adalah masih banyaknya orang-orang yang belum memahami cara berkendara sepeda motor dengan aman.

Hal ini tentunya perlu dilakukan, sebab perjalanan jauh tentunya mengundang banyak risiko dan setiap pengendara perlu membekali diri dengan pemahaman agar perjalanan berjalan lancar dan selamat.

Apa saja yang harus dilakukan saat kita akan melakukan perjalanan jarak jauh? Simak penjelasan mengenai tips aman berkendara motor jarak jauh berikut.

Periksa kondisi sepeda motor

Sebelum mengawali perjalanan jauh, sebaiknya periksa dulu kondisi sepeda motor, apakah masih dalam keadaan prima atau ada yang harus diperbaiki. Selain mesin motor, Anda juga harus cek tekanan udara ban, sebab hal ini juga punya peran penting untuk perjalanan jarak jauh Anda.

Cari tahu tempat pengisian bahan bakar

Sebelum mengawali perjalanan, carilah info di smartphone Anda atau menggali informasi langsung tentang lokasi stasiun stasiun bahan bakar yang akan Anda temui sepanjang perjalanan kepada mereka yang kerap melakukan perjalanan jauh. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda dapat memperkirakan akan mengisi bahan bakar di stasiun mana saja sehingga kemungkinan kehabisan bahan bakar dapat diminimalisir.

Perhatikan kapasitas bagasi

Pastikan Anda hanya membawa barang-barang dalam bagasi yang memang Anda perlukan selama perjalanan dan usahakan untuk tidak melampaui kapasitasnya. Membawa barang yang melebihi kapasitas tidak hanya akan menjadikan bobot motor Anda menjadi lebih berat, melainkan juga mengancam keselamatan Anda selama bermotor.

Pastikan bagasi terikat pada rel dengan kuat agar keseimbangan dan kestabilan kendaraan tetap aman selama perjalanan berlangsung.

Beristirahatlah

Selama melakukan perjalanan jauh sangat dianjurkan bagi Anda untuk sesekali berhenti, paling tidak 2-3 jam sekali untuk beristirahat. Hal ini sangat penting untuk mengendurkan otot dan persendian tubuh, dengan beristirahat stamina Anda pun akan kembali pulih.

Jaga Jarak dengan Pengendara Lain  

Anda juga harus memperhatikan jarak dengan pengendara lain di jalanan. Dengan menjaga jarak, risiko kecelakaan dapat Anda perkecil potensinya. Langkah untuk menjaga jarak dapat Anda lakukan jika kecepatan berkendara Anda atur dengan baik.

Pastikan kecepatan kendaraan stabil

Hindari berkendaraan dengan ugal-ugalan atau memacu sepeda motor sekencang-kencangnya selama perjalanan jarak jauh. Selain berisiko untuk keselamatan pengendara, terlalu memaksa memacu sepeda motor dalam waktu yang panjang juga berpotensi merusak mesin motor.

Anda cukup memacu motor dengan kecepatan yang menurut Anda tepat dengan estimasi jarak tempuh dan Anda juga merasa nyaman dengan kecepatan tersebut. Dengan demikian, Anda akan memiliki kontrol penuh terhadap sepeda motor yang Anda kendarai.

Gunakan Perlengkapan Keselamatan

Tips ini pada dasarnya juga berlaku bagi pengendara jarak jauh atau pun jarak pendek. Perlengkapan keamanan yang wajib digunakan antara lain masker, sarung tangan, helm, jaket, sepatu, celana panjang, dan pakaian yang nyaman.

Demikianlah tips aman berkendara motor jarak jauh yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi