Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat dan Membeli Tiket Online

| 25 Feb 2023 12:12
Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat dan Membeli Tiket Online
Cara melihat nomor kursi di tiket pesawat (unsplash)

ERA.id - Bagi Anda yang baru naik pesawat mungkin hal ini akan membingungkan, yaitu tentang cara melihat nomor kursi di tiket pesawat.

Namun jangan khawatir bagi Anda yang sedang membaca artikel ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Cara Melihat Nomor Kursi di Tiket Pesawat

Perlu diketahui, jika pada maskapai memiliki layanan check in online melalui laman website resminya masing-masing. Beberapa maskapai di Indonesia seperti batik air, lion air, sriwijaya air, nam air, garuda, wings air, dan air asia tentunya memiliki pememesana tiket online.

Anda dapat memilih kursi saat membeli tiket online (unsplash)

Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi pemesanan tiket online pihak ketiga seperti traveloka. Biasanya, setelah Anda melakukan check in maka akan  mendapatkan boarding pass.

  1. Melalui Boarding Pass

Adapun boarding pass didapatkan melalui email yang kemudian dapat dicetak dan dibawa ke bandara agar dapat masuk. Melalui boarding pass Anda dapat melihat informasi terkait dengan nomor kursi, gate, boarding time dan kode maskapai pesawat yang akan ditumpangi.

Anda dapat melihat kode boarding pass yang sudah diberikan, yaitu setelah beberapa dokumen pendukung seperti paspor, kartu identitas asli Anda tunjukkan saat check-in.

Adapun boarding memuat beberapa informasi terkait dengan penerbangan Anda, di antaranya :

●        Kelas Tiket

●        Nama Penumpang

●        Nomor Pesawat

●        Gerbang Keberangkatan

●        Jam dan Tanggal Keberangkatan

●        Nomor Tempat Duduk

●        Bandara Keberangkatan dan Tujuan

●        Kode Bar Graph

●        Nomor Tiket

●        Nomor Keanggotaan atau Membership

Kemudian terkait dengan nomor kursi biasanya akan ditandai dengan kode 2 digit angka serta huruf kapital. Anda dapat melihat kode angka serta huruf tersebut misalnya Seat “19 A”, atau “Seat 32 E”.

Kemudian apabila Anda sudah mengetahui nomor kursi penerbangan namun tidak paham letaknya, maka ketahui terlebih dahulu denah nomor kursi pesawat maskapai yang Anda naiki.

Ketika Anda tahu tentang denah pesawat, Anda dapat dengan mudah memilih nomor kursi saat memesan tiket pesawat. Meskipun demikian, apabila Anda ingin memilih kursi tertentu biasanya ada beberapa syarat tertentu.

  1. Memilih Kursi di Tiket Online

Selain melalui boarding pass, Anda juga dapat melihat nomor kursi pesawat ketika membeli tiket melalui online.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak aplikasi pembelian tiket pesawat di antaranya, Tiket, pegi-pegi, dan Traveloka. Melalui beberapa aplikasi di jasa tiket online tersebut akan sangat memudahkan Anda untuk memilih dan mengetahui kursi pesawat.

Melalui pembelian tiket online Anda dapat memesan penerbangan, menentukan bandara keberangkatan hingga tujuan yang diinginkan.

Biasanya sebelum membeli tiket pesawat online, ada beberapa hal yang harus disiapkan seperti mengisi data diri Anda (nama Anda, nomor telepon, email, nomor KTP, dan banyaknya tiket yang akan Anda beli).

Kemudian apabila Anda ingin memilih nomor kursi, Anda dapat melihatnya dari huruf serta nomor yang tersedia. Kemudian pilih pada kursi yang kosong atau belum dipilih sesuai simbol.

Langkah terakhir adalah Anda dapat melakukan pembayaran dengan metode yang disediakan. Pembayaran tersebut harus dilakukan secepatnya karena memiliki batas waktu tertentu.

Selain cara melihat nomor kursi di tiket pesawat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi