Cara Mendapatkan Pin Ibu Hamil di KRL, Gratis atau Bayar?

| 04 Mar 2023 11:00
Cara Mendapatkan Pin Ibu Hamil di KRL, Gratis atau Bayar?
Cara mendapatkan pin ibu hamil di krl (unsplash)

ERA.id - Bagi Anda yang sedang hamil sering menggunakan kereta rel listrik (KRL) commuterline untuk bepergan, pastinya selalu memakai pin ibu hamil demi keamanan. Lantas bagaimana  cara mendapatkan pin ibu hamil di krl?

Ironisnya, masi banyak diperjual-belikan secara bebas pin ibu hamil di sejumlah marketplace, padahal Anda dapat memperolehnya secara gratis hanya dengan mengikuti beberapa syarat berikut ini.

Apa Itu Pin Ibu Hamil

Perlu diketahui, bagi ibu hamil pengguna KRL berhak mendapatkan sebuah pin yang merupakan kode yang diberikan pada perempuan yang tengah hamil.

pengambilan pin ibu hamil di stasiun yang ditentukan pada formulir (unsplash)

Adapun tujuan pemberian pin tersebut adalah agar mendapatkan layanan penumpang prioritas dalam KRL. Kemudian sebagai penumpang prioritas, para ibu hamil diutamakan untuk mendapatkan tempat duduk daripada penumpang lainnya.

PT KAI menjelakan bagi siapa saja (ibu hami) yang ingin mendapatkan pin penumpang prioritas, hanya perlu melakukan registrasi secara online. Adapun pendaftaran tersebut akan disesuaikan dengan wilayah operasional commuterline.

Bagi pada ibu hamil yang sudah melakukan registrasi, maka kemudian dapat mengambil pin di sejumlah stasiun yang ditujukan.

Cara Mendapatkan Pin Ibu Hamil di KRL

Sebelum Anda melakukan regisrasi mendapatkan pin ibu hamil, sebaiknya siapkan beberapa syarat berikut ini:

·         KTP

·         Kartu Multi Trip (KMP)

·         Nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi

·         Alamat email.

·         foto diri

·         surat keterangan usia kehamilan

·         hari perkiraan lahir (HPL) dari Rumah Sakit atau bidan

Setelah semua syarat dan dokumen di atas sudah Anda siapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan permohonan secara online dengan langkah sebagai berikut:

·         Buka website resmi pendaftaran ( sesuai rute operasi KRL: untuk wilayah Jabodetabek Anda dapat melakukan akses di sini dan wilayah Solo-Yogyakarta disini.

·         Kemudian isikan alamat email,

·         Isi beberapa informasi mengenai data diri sesuai dengan KTP

·         Masukkan 16 digit nomor KMT yang ada pada bawah (bagian bagian belakang kartu)

Kemudian apabila Anda belum memiliki KMT maka dapat melakukan pembelian di loket stasiun terdekat

·         Input nomor telepon atau handphone yang aktif dan bisa dihubungi

·         Tentukan di stasiun maka Anda akan mengambil pin ibu hamil

·         Pilih tanggal dan bulan pengambilan

·         Masukkan HPL dari rumah sakit/dokter atau bidan

·         Lampirkan foto Anda beserta surat rumah sakit (adapun surat berisi terkait usia kehamilan atau prediksi kelahiran)yang kemudian dijadikan satu dengan berkas  foto,

·         Terakhir adalah klik “Submit” 

Perlu diketahui, Anda tidaklangsung mendapatkan pin ibu hamil setelah melakukan permohonan. Sebaiknya tunggu balasan email dan konfirmasi dari PT KAI Commuter.

Selain cara mendapatkan pin ibu hamil di krl, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi