Memilih Edisi Google Workspace yang Cocok untuk Bisnis

| 29 Mar 2023 18:34
Memilih Edisi Google Workspace yang Cocok untuk Bisnis
Ilustrasi bekerja menggunakan laptop (Sumber: freepik.com)

ERA.id - Google Workspace merupakan paket aplikasi yang membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, baik di kantor, luar ruangan dan di rumah. Paket aplikasi ini lengkap dalam memenuhi kebutuhan komunikasi, kolaborasi dokumen penyimpanan dan pengaturan keamanan data.

Tentunya kita biasa menggunakan email dengan gmail, edit dokumen dan menyimpan file dengan Google Drive hingga rapat menggunakan Google Meet. Kesemuanya itu adalah aplikasi-aplikasi bagian dari Google Workspace.

Untuk keperluan bisnis Anda dapat memanfaatkan edisi Google Workspace Indonesia berisi aplikasi produktivitas kantor yang lengkap yang dikemas sesuai kebutuhan.

Business Starter

Berisi aplikasi office profesional dengan kapasitas 30 GB untuk tiap penggunanya. Fiturnya sebagai berikut:

-Alamat email yang dapat disesuaikan untuk bisnis Anda.

- Edisi Gmail untuk bisnis (bebas iklan), dokumen online (document, spreadsheet, slide), penyimpanan di Google Drive, Kalender, konferensi video dengan Google Meet, dan aplikasi kantor lainnya

- Dapat membuat rapat video hingga 100 peserta

- Kontrol admin

Business Standard

Anda akan mendapatkan semua fitur yang ada di Business Starter ditambah dengan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan fitur rapat yang lebih lengkap:

- Kapasitas penyimpanan sebesar 2TB per pengguna

- Rapat video dengan hingga 150 peserta

- Dapat merekam rapat dan menyimpannya ke Google Drive

- Fitur Team Drive

- Chat di luar organisasi Anda

Edisi Business Plus

Edisi yang lebih lengkap dengan kapasitas besar, pengaturan keamanan lebih lengkap dan rapat yang lebih banyak. Anda akan mendapatkan semua fitur yang ada di Business Standard, ditambah dengan:

- Kapasitas penyimpanan sebesar 5TB per pengguna

- Rapat video hingga 500 peserta

- Kontrol keamanan yang lebih banyak termasuk untuk perangkat seluler

- Fitur retensi data dan eDiscovery dengan Google Vault

Semua edisi di atas dapat diperoleh dengan cara berlangganan, baik bulanan maupun tahunan. Berlangganan dapat langsung melalui Google dengan menggunakan kartu kredit. Untuk yang tidak ingin menggunakan kartu kredit bisa melalui partner resmi Google Workspace Indonesia seperti kreasimaya yang pembayarannya melalui transfer bank.Tersedia pula layanan lain untuk project management menggunakan asana yang dapat menunjang mengawasi kelancaran proyek atau pembagian tugas-tugas tertentu untuk perusahaan Anda.

Rekomendasi