Memilih Waktu Terbaik Saat Mudik dan Pertimbangannya

| 18 Apr 2023 17:05
Memilih Waktu Terbaik Saat Mudik dan Pertimbangannya
Ilustrasi orang mudik saat siang hari (pexels)

ERA.id - Diprediksi, puncak arus mudik Lebaran 2023 terjadi pada 19 April 2023 hingga 21 April 2023. Waktu terbaik saat mudik adalah hari di luar masa puncak arus mudik tersebut.

Pemilihan waktu yang tepat memungkinkan Anda terhindar dari kemacetan saat mudik Lebaran. Terlebih lagi, tahun ini masyarakat lebih antusias melakukan mudik karena COVID-19 sudah terkondisikan dan pelonggaran aturan diberlakukan.  

Waktu Terbaik saat Mudik Lebaran 2023

Menurut instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, demi keselamatan pemudik disarankan tidak melakukan perjalanan mudik malam hari. Ini terkait dengan visibilitas pengendara

"Mengemudi pada malam hari itu perlu diketahui memang lebih sepi, tapi seterang-terangnya lampu kendaraan atau lampu jalan, jauh lebih terang siang hari," terang Jusri, dikutip Era.id dari detikcom.

Dia juga mengatakan bahwa pengendara masih banyak yang tidak memperhatikan lampu rem. Hal tersebut bisa memicu terjadinya kecelakaan.

 Ilustrasi orang mudik dengan kendaraan umum (antaranews)

"Di tol sering sekali kecelakaan fatal karena menabrak belakang (karena kendaraan yang ditabrak tidak ada lampu rem). Apalagi jalan biasa ada motor, sepeda, kendaraan tradisional," ungkapnya.

Saran yang dia sampaikan juga berkaitan dengan kesehatan. Udara saat malam hari cenderung lebih dingin dibandingkan siang hari. Dia tidak menyarankan mudik malam hari karena organ tubuh manusia didesain untuk beraktivitas siang hari.

"Organ-organ tubuh kita sudah dirancang oleh Sang Pencipta untuk beraktivitas/bekerja pada siang hari. Oksigen siang hari lebih berlimpah dibanding malam. Malam oksigen turun, dan organ tubuh kita memang untuk istirahat (saat malam)," terangnya.

Meski demikian, dia tetap memberikan saran tertentu jika pemudik ingin melakukan perjalanan pada malam haru. Salah satu hal yang penting adalah siklus istirahat.

"Pola tidur kita harus dilakukan adjustment paling tidak seminggu sebelumnya. Siang kita tidur, malam kita tidak tidur. Harus kita ubah agar siklus tubuh kita tidak terjadi lag," tandasnya.

Tips Pemilihan Waktu Mudik

1.    Jam keberangkatan

Seperti disampaikan sebelumnya, jam keberangkatan perlu dipertimbangkan untuk keselamatan. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mayoritas pemudik memilih melakukan perjalanan pada pukul 07.00 hingga 09.00. Waktu pagi lain yang jadi favorit adalah menjelang subuh, yaitu antara pukul 04.00 hingga 06.00.

Jadi, Anda bisa memilih waktu siang dan menjelang waktu berbuka untuk melakukan perjalanan mudik. Waktu tersebut masuk dalam waktu yang aman karena visibilitas pengendara masih baik sehingga tepat untuk dipilih.

2.    Transportasi yang digunakan

Jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa lebih bebas menentukan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan. Hal tersebut bisa disesuikan dengan kondisi dan kebutuhan pribadi.

Sementara, pemudik dengan kendaraan umum butuh strategi yang berbeda. Pemudik dengan transportasi umum sebaiknya melakukan perjalanan pada pagi atau sebelum siang. Ini juga berkaitan dengan keamanan, tetapi beda hal. Perjalanan pada pagi hari atau jelang siang dibutuhkan untuk menghindari pencopetan atau kejahatan lainnya.

3.    Malam takbiran

Memang, terkait keamanan, pemudik disarankan untuk melakukan mudik saat Matahari masih bersinar. Namun, Anda yang memiliki pertimbangan lain (misalnya mampu mengantisipasi masalah visibilitas) bisa memilih mudik saat malam takbiran. Ini juga menjadi waktu terbaik saat mudik karena jalan sepi. Masyarakat dan pemudik lain biasanya sudah ada di rumah di kampung halaman saat malam Lebaran. 

Rekomendasi