Cara Menyimpan Susu Bubuk untuk Menjaga Kualitasnya, Kerap Diabaikan Banyak Orang

| 10 May 2023 18:02
Cara Menyimpan Susu Bubuk untuk Menjaga Kualitasnya, Kerap Diabaikan Banyak Orang
Ilustrasi susu bubuk (Freepik/Alexgrec)

ERA.id - Susu bubuk merupakan salah satu jenis susu yang banyak diminati karena bisa awet lebih lama. Meski tahan lebih lama, susu bubuk harus disimpan dengan perlakuan yang tepat untuk menjaga kebersihan dan kualitas produk. Lantas bagaimana cara menyimpan susu bubuk?

Susu bubuk dapat dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan air panas atau dicampur dalam resep kue. Jika Anda tidak terlalu rutin mengonsumsi susu bubuk, maka Anda pelru menyimpannya dengan cara yang tepat. 

Pastinya Anda tidak ingin di kemudian hari ketika ingin membuat susu namun susu Anda malah dirubung semut atau rasanya jadi hambar. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menyimpan susu bubuk.

Ilustrasi susu bubuk (Freepik/Photohobo)

Cara Menyimpan Susu Bubuk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan susu bubuk, yakni mulai dari wadah yang dipakai, tempat menyimpan, hingga suhu ruangan. Berikut ini tips menyimpan susu bubuk yang bisa Anda terapkan di rumah. 

Jangan Terkena Sinar Matahari

Taruhlah susu bubuk di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Untuk menghindari paparan cahaya matahari, Anda bisa menyimpan susu di wadah kaleng atau kemasan aluminium foil. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan susu di dalam toples transparan dan meletakkannya di dalam lemari. 

Wadah Harus Tertutup Rapat

Anda bisa memindahkan susu bubuk dalam kemasan dan memasukkannya di wadah atau toples. Pastikan juga wadah untuk menaruh susu bubuk selalu tertutup rapat. Selain itu, hindari menyimpan susu bubuk dalam waktu lebih dari tiga hari setelah kemasan dibuka. 

Memakai Kemasan Asli

Susu bubuk yang masih berada di dalam kemasan memiliki kelebihan bisa bertahan lebih lama dari oksigen. Oleh karena itu, Anda bisa menyimpan susu bubuk di kemasan aslinya. 

Jangan Dekat Kompor

Jangan menaruh susu bubuk di dekat kompor, baik itu saat disimpan di dalam kemasan atau wadah. Susu bubuk yang berada di dekat kompor dapat meleleh karena paparan suhu panas. 

Jangan Simpan di Kulkas

Masih banyak orang yang menyimpan susu bubuk di dalam kulkas. Padahal sebainya Anda tidak menaruh susu bubuk di dalam lemari es. Perubahan suhu dari ruangan ke kulkas dapat menyebabkan terbentuknya air di dalam udara. Kondisi tersebut akan membuat tekstur susu bubuk jadi lembab dan menggumpal. 

Demikianlah tips cara menyimpan susu bubuk dengan perlakuan yang tepat. Setelah mengetahui tips di atas, segera amankan susu bubuk Anda dan jangan menyimpannya secara asal-asalan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi