Berapa Lama Daging Tahan di Freezer? Simak Penjelasan Berikut

| 27 Apr 2024 09:34
Berapa Lama Daging Tahan di Freezer? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi kambing. (Freepik)

ERA.id - Salah satu cara menyimpan daging kambing, sapi, atau pun ayam mentah adalah di suhu 4 °C atau -18 °C untuk penyimpanan yang lebih lama dan tidak cepat membusuk. Maka freezer menjadi tempat menyimpan daging yang paling aman. Namun, berapa lama daging kambing bisa tahan di freezer?

Meskipun freezer merupakan solusi untuk menyimpan daging , tetapi Anda perlu memahami berapa lama daging bisa tahan lama di dalamnya. Daging sapi termasuk jenis daging yang tahan lama jika disimpan di freezer.

Menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, Anda dapat menyimpan daging selama 4-12 bulan di dalam freezer. Untuk jenis daging merah bisa tahan di suhu dingin selama 5 hari.

Namun, seperti yang dikutip dari Times of India, jika dibekukan maka ketahanannya bisa mencapai 12 bulan. Berbeda dengan daging yang sudah diolah atau dimasak yang masa tahannya hanya sebentar.

Daging yang sudah dimasak bisa bertahan sekitar 3-4 hari di dalam kulkas. Sementara jika disimpan di freezer bisa sampai 2-3 bulan.

Ilustrasi daging (pixabay)

Serba-serbi Penyimpanan Daging

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum menyimpan daging di freezer:

Bakteri pada Daging

Melansir Healthline, ada jenis bakteri yang hidup dalam daging. Keduanya termasuk bakteri patogen dan dapat menyebabkan pembusukan. Selain itu, bakteri bersifat patogen juga akan menimbulkan penyakit jika terkonsumsi. Bakteri ini akan tumbuh dengan cepat pada makanan.

Biasanya tanda-tandanya bisa dideteksi dari pandangan mata, rasa, ataupun aromanya. Jenis bakteri ini juga yang akan menyebabkan daging cepat busuk. Oleh sebab itu, hendaknya simpanlah daging kambing di freezer sebagai solusinya.

Apakah daging tetap aman dikonsumsi setelah disimpan lama?

Daging bisa disimpan selama berbulan-bulan di dalam kulkas maupun freezer. Namun, apakah daging tersebut tetap aman jika dikonsumsi oleh kita?

Melansir Good Housekeeping, makanan beku tetap aman dikonsumsi tanpa batas waktu. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Departemen Pertanian AS. Namun, tentunya kualitas akan tetap berubah.

Suhu nol derajat dan di bawahnya akan menonaktifkan ragi, bakteri, dan jamur apapun dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang berbahaya. Kualitas makanan beku akan menurun. Baik dari segi rasa, tekstur, warna dan lainnya dari masa ke masa.

Terlebih jika makanan tersebut hanya disimpan dalam wadah yang tidak kedap udara dan dibekukan dengan lambat.

Cara menyimpan daging dengan tepat

Agar daging dapat tersimpan dengan baik, pastikan Anda menyimpannya di suhu minus 17 derajat Celcius atau bisa juga lebih rendah. Suhu tersebut akan menjadikan makanan tetap aman.

Sebenarnya boleh saja membekukan daging dalam kemasan. Namun, Anda disarankan untuk memindahkan ke kemasan lain berbahan aluminum foil, bungkus plastik atau kertas freezer.

Demikianlah ulasan tentang berapa lama daging kambing tahan di freezer. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi