Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan yang Harus Diketahui

| 20 Aug 2023 20:15
Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan yang Harus Diketahui
Ilustrasi menimbang berat badan. (Ketut Subiyanto/Pexels)

ERA.id - Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani masa diet atau sedang menjaga kondisi berat badan tubuh, tentunya mengontrol dan mengetahui berat badan menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal yang dapat dilakukan agar Anda mengetahui berapa berat badan Anda setiap waktu adalah konsisten melakukan penimbangan. Namun, Anda harus mengetahui waktu terbaik menimbang berat badan. Sebab, jika tidak dilakukan pada waktu yang tepat, maka Anda tidak akan mengetahui hasil timbangan yang tepat.

Lantas kapan saja waktu terbaik yang bisa dipilih untuk menimbang berat badan? Nah, sebelum menimbang berat badan, di bawah ini adalah hal yang harus Anda perhatikan.

Ilustrasi (Freepik/atlascompany)

Lakukan penimbangan saat pagi

Menimbang berat badan sangat disarankan untuk dilakukan pada pagi hari, di waktu yang sama dan saat kondisi pencernaan Anda masih kosong. Tepatnya adalah setelah Anda buang air besar dan buang air kecil. Sebelum menimbang berat badan Anda, Sebaiknya jangan konsumsi makanan apa pun.

Perhatikan jenis makanan Anda

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan sodium tinggi akan menjadikan tubuh menyimpan kandungan air berlebih. Garam yang terdapat dalam makanan yang tinggi sodium akan berubah menjadi air dan tentu saja akan membuat berat badan Anda bertambah.

Lakukan seminggu sekali saja

Melansir dari halaman Health Line, tidak ada alasan untuk melakukan penimbangan berat badan setiap hari. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengalami fluktuasi cairan dan air setiap hari yang menyebabkan perubahan pada berat badan tubuh. Penimbangan berat badan yang Anda lakukan setiap hari tidak akan memberikan hasil yang akurat.

Mengenakan bahan pakaian yang tipis

Menimbang berat badan ada baiknya juga dilakukan dengan mengenakan bahan pakaian yang tipis. Hal ini dilakukan agar tidak menambah berat pada timbangan dan menghasilkan hasil yang lebih tepat. Dalam hal ini, sebaiknya jangan gunakan bahan tebal dan pakailah sedikit bahan pakaian. 

Tidak menimbang saat menstruasi

Sedangkan bagi wanita, sebaiknya tidak melakukan penimbangan berat badan seminggu sebelum dan seminggu sesudah Anda mengalami menstruasi. Saat masa menstruasi, air dalam tubuh seorang wanita akan bertambah karena produksi hormon menstruasi.

Hentikan penimbangan saat stress

Melihat angka berat badan yang tetap padahal sudah menjalani banyak diet, tentu akan menjadikan Anda stress. Saat hal ini terjadi, hentikan kegiatan menimbang berat badan. Jika Anda mempunyai masalah dalam hal kebiasaan makan Anda, maka timbangan tidak menjadi hal yang wajib Anda miliki dirumah. Langkah yang tepat untuk Anda lakukan adalah melakukan konsultasi dengan ahli gizi. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan timbangan BMI untuk memahami tentang kondisi lemak tubuh dan massa otot Anda lebih detail.

Demikianlah penjelasan tentang waktu terbaik menimbang berat badan. Kontrol berat badan bagi beberapa orang yang mengalami kondisi khusus tentunya merupakan hal yang penting. Namun, hal yang lebih penting adalah jalani keseharian Anda dengan perasaan dan senyum yang lebih bahagia, berapa pun angka berat badan Anda. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi