Waktu Olahraga Terbaik yang Harus Diketahui

| 05 Aug 2023 07:05
Waktu Olahraga Terbaik yang Harus Diketahui
Ilustrasi olahraga (Pixabay)

ERA.id - Olahraga tentunya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Setiap orang dianjurkan untuk berolahraga dengan rutin dan disiplin. Namun, kebanyakan orang masih mempertanyakan kapan waktu olahraga terbaik yang bisa dilakukan.

Sebagian orang beranggapan bahwa waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi hari, tetapi sebagian orang menganggap sore menjadi waktu yang lebih tepat. Bahkan, beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga di malam hari atau pada saat luang saja. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga?

Waktu Olahraga Terbaik

Sebenarnya tidak ada pedoman yang pasti terkait waktu yang tepat untuk berolahraga. Sebab, olahraga yang dilakukan pada pagi, siang, atau malam hari memberikan manfaat tersendiri dan sama-sama berguna bagi kesehatan tubuh. Tergantung pada waktu luang yang dimiliki, Anda dapat menyesuaikan waktu olahraga sendiri.

Olahraga pada sore hari dapat menjadi alternatif jika Anda tidak terbiasa bangun pagi. Oleh sebab itu, waktu latihan yang baik tergantung pada kondisi dan situasi pribadi Anda. Nah, hal yang terpenting adalah berolahraga secara teratur agar meraih manfaat yang optimal.

Ilustrasi olahraga (Pixabay)

Beberapa Manfaat Olahraga pada Setiap Waktunya

Di bawah ini adalah manfaat olahraga sesuai waktu melakukannya:

1. Pagi Hari

Untuk orang yang memiliki jadwal padat, olahraga paling baik dapat dilakukan pada pagi hari. Banyak orang juga meyakini bahwa waktu terbaik untuk berolahraga yaitu di pagi hari. Sebab, Anda akan mendapatkan udara yang masih segar jika berolahraga di luar rumah di pagi hari.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berolahraga di pagi hari, antara lain:

  • Meningkatkan suasana hati sepanjang hari karena otak melepaskan endorfin di pagi hari.
  • Meningkatkan energi tubuh.
  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sebab mereka yang berolahraga di pagi hari cenderung memilih makanan yang lebih sehat di sore dan malam hari.
  • Meningkatkan fokus dan produktivitas dengan olahraga pagi.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh sehingga jumlah kalori yang dikeluarkan juga meningkat setiap hari.
  • Membantu dalam penurunan berat badan dan membantu untuk mengelola kebiasaan makan sepanjang hari.

Berolahraga pada pagi hari dengan perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan. Berolahraga dengan perut kosong dapat menurunkan lemak hingga 20 persen daripada dengan berolahraga setelah sarapan. Namun, pastikan Anda sanggup untuk berolahraga tanpa diawali makan terlebih dahulu.

2. Sore Hari

Anda juga akan mendapatkan manfaat sangat banyak dari latihan sore hari, antara lain:

Meningkatkan Kinerja Fisik

Waktu yang optimal untuk berolahraga agar kinerja fisik tubuh meningkat adalah di sore hari. Khususnya pada wanita, sebab performa tubuh wanita, misalnya aktivitas enzim, fungsi dan kekuatan otot bagian atas, dan daya tahan otot, dapat ditingkatkan dengan aktivitas tersebut.

Tubuh Berada pada Performa Puncaknya

Menurut sebuah penelitian, fungsi tubuh paling baik terjadi pada sore hari. Suhu tubuh meningkat pada waktu tersebut, hingga mencapai puncaknya antara pukul 2-6 pagi. Karena mampu meningkatkan efektivitas, pada jam-jam ini disarankan untuk melakukan olahraga.

Fokus dan Semangat Akan Menguat

Waktu olahraga di sore hari juga dapat menguatkan fokus dan semangat, bahkan jika hanya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Sebab, berolahraga di antara jam 1-4 sore dapat menggeser jam tubuh dengan cara yang sama seperti berolahraga pagi.

Malam Hari

Jika pagi dan sore hari sibuk, waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu pada malam hari. Namun, olahraga pada malam hari dianggap dapat mengganggu waktu tidur. Sebenarnya hal ini tergantung dari seberapa banyak aktivitas yang dijalani dan berapa lama jarak tidur dengan olahraga.

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan olahraga malam:

Kualitas Tidur Membaik

Sebuah penelitian menyimpulkan, olahraga pada malam hari dapat meningkatkan konsistensi serta kualitas tidur. Namun, sebaiknya hindari berolahraga secara berlebihan sebab berisiko meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh yang mengakibatkan kesulitan tidur.

Demikianlah ulasan tentang waktu  olahraga terbaik. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi