Jenis Bau yang Keluar dari AC, Mulai dari Bau Terbakar hingga Telur Busuk

| 02 Sep 2023 07:10
Jenis Bau yang Keluar dari AC, Mulai dari Bau Terbakar hingga Telur Busuk
Jenis bau yang keluar dari ac (Unsplash)

ERA.id - Bau-bauan yang keluar dari sistem pendingin udara (AC) bisa memberikan petunjuk penting tentang kondisi AC Anda. Namun sayangnya tidak semua orang paham jenis bau yang keluar dari AC tersebut.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa jenis bau yang mungkin muncul dari AC. Dengan memahami jenis-jenis bau ini, Anda dapat lebih waspada terhadap tanda-tanda masalah pada AC dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kinerjanya.

Jenis Bau yang Keluar dari AC

  1. Bau Terbakar atau Bau Listrik

Bau listrik adalah bau umum pada sistem pendingin udara yang bisa mengindikasikan masalah mekanis pada kompresor, kegagalan komponen listrik, atau masalah kabel. Komponen-komponen tersebut terbuat dari berbagai bahan kimia dan logam, dan paparan berkepanjangan terhadap bau dari bahan-bahan ini tidak sehat.

Pada beberapa kasus saat AC pertama kali dinyalakan, mungkin akan mengeluarkan bau terbakar yang bisa tercium seperti bau listrik atau debu. Namun biasanya, setelah 20 hingga 30 menit, bau tersebut akan hilang. Jika bau hilang, kemungkinan bau tersebut berasal dari debu yang terbakar.

Meskipun pada kasus ini adalah hal yang umum terjadi karena AC tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, namun sebaiknya hubungi ahlinya untuk memeriksa masalah tersebut dan memperbaiki unit jika bau tersebut terus muncul.

  1. Bau Bubuk Mesiu

Bau bubuk mesiu memang mirip dengan bau listrik. Bau khas yang keluar biasanya mirip dengan bau bubuk mesiu bisa disebabkan oleh motor kipas atau papan sirkuit yang terbakar.

Sekali lagi, karena AC terbuat dari berbagai logam dan bahan kimia, bau tersebut bisa berpotensi berbahaya bagi sistem pernapasan Anda. Sebelum menghidupkan kembali AC ada baiknya diperiksa oleh seorang profesional.

  1. Bau Telur Busuk

Bau telur busuk bukanlah salah satu bau yang baik dari sistem pendingin udara. Jika Anda mencium bau sulfur atau bau telur busuk berasal dari unit AC Anda, kemungkinan besar ada kebocoran gas alam di suatu tempat di rumah Anda yang masuk ke sistem ventilasi.

AC berbau telur busuk (unsplash)

Meskipun sejatinya gas alam tidak berbau, namun perusahaan penyedia telah menambahkan aroma untuk memberi peringatan orang tentang kebocoran berbahaya. Dengan demikian jika Anda mencium bau gas, maka sudah dipastikan ada masalah.

Selain itu terdapat, alasan lain jika AC Anda berbau telur busuk yaitu ada hewan mati di saluran udara atau loteng rumah Anda. Untuk itu pastikan untuk segera memeriksakannya.

Namun jika bau tersebut adalah bau gas, jangan menganggapnya enteng. Jika Anda mencium bau belerang di rumah Anda, kemungkinan besar bau tersebut berasal dari gas alam, dan lakukan inspeksi segera terhadap sumbernya jika diperlukan.

Kemudian Anda juga sebaiknya segera mematikan pasokan gas, mengosongkan rumah Anda, dan menghubungi pemadam kebakaran.

Perlu diketahui, meskipun paparan gas berkadar rendah tetap saja berbahaya bagi kesehatan Anda. Kemudian dalam kadar tinggi dapat mengurangi oksigen dalam darah Anda dan menyebabkan kehilangan kesadaran bahkan kematian.

Selain jenis bau yang keluar dari ac, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : kesehatan AC
Rekomendasi