2 Cara Mencuci Jaket Kulit agar Tidak Cepat Rusak

| 08 Oct 2023 07:05
2 Cara Mencuci Jaket Kulit agar Tidak Cepat Rusak
Pria menggunakan jaket kulit (pexels)

ERA.id - Mencuci pakaian adalah salah satu langkah penting dalam menjaga atau merawat pakaian. Teknik yang salah bisa membuat pakaian mudah rusak atau kusam. Dari berbagai jenis pakaian, cara mencuci jaket kulit termasuk yang kurang dipahami masyarakat.

Jika Anda punya jaket kulit di rumah, ada beberapa hal utama yang perlu diketahui, yaitu cari tahu apakah jaket kulit tersebut terbuat dari kulit asli atau kulit sintetis. Kemudian, detergen yang digunakan untuk mencuci sedikit saja. Perendaman juga tidak boleh dilakuan dengan berlebihan. Terakhir, penjemuran harus di tempat teduh (tidak di bawah terik sinar Matahari.

Kita tahu bahwa jaket kulit ada yang terbuat dari kulit asli, ada pula yang terbuat dari kulit sintetis. Cara mencuci kedua jaket kulit tersebut tidak sama. Untuk memahaminya, simak penjelasan berikut.

Wanita menggunakan jaket kulit (pexels)

Cara Mencuci Jaket Kulit Asli

Mencuci jaket kulit asli dianjurkan dilakukan dengan tangan sehingga Anda butuh ketelatenan dan kesabaran. Secara umum, Anda butuh waktu beberapa hari untuk melakukan beberapa proses, yaitu mencuci, mengeringkan, dan mengembalikan kondisi setelah terkena sabun.

  1. Siapkan air hangat di wadah yang cukup untuk merendak jaket.
  2. Masukkan sedikit detergen cair yang mudah larut.
  3. Rendam jaket kulit di cairan tersebut secara menyeluruh. Durasi perendaman maksimal 10 menit.
  4. Setelah direndam, kucek lembut bagian-bagian dalam jaket, seperti bawah lengan dan bagian dalam kerah.
  5. Jika ada noda pada jaket, bersihkan dengan sikat berbulu lembut.
  6. Bilas jaket dengan air bersih beberapa kali hingga tidak ada sisa sabun.
  7. Jangan memeras jaket agar tidak merusak tekstur kulit.
  8. Jemur jaket dengan cara membentangkannya di tempat teduh. Paparan sinar Matahari langsung bisa membuat kulit retak. Jaket kulit biasanya benar-benar kering setelah dijemur selama 2—3 hari.

Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan produk khusus pelembab jaket kulit untuk menjaga kelembapan jaket setelah dicuci dan dijemur. Cara mencuci ini juga diterapkan untuk mencuci jaket kulit sintetis. Namun, jika Anda ingin mencuci jaket kulit sintetis dengan mesin cuci, simak info berikut.

Cara Mencuci Jaket Kulit Sintetis dengan Mesin Cuci

Nama lain dari kulit sintetis adalah semi kulit atau kulit imitasi. Mencuci jaket kulit sintetis bisa dilakukan dengan tangan seperti cara mencuci jaket kulit asli, tetapi bisa juga menggunakan mesin. Berikut adalah cara mencuci jaket kulit sintetis dengan mesin cuci.

  1. Baca petunjuk pencucian di label jaket. Kulit sintetis terdiri atas beberapa jenis sehingga cara pencuciannya bisa tidak sama.
  2. Balik jaket (bagian dalam jaket menjadi bagian luar).
  3. Masukkan jaket yang telah terbalik ke kantong cuci berbentuk jala.
  4. Cuci jaket kulit sintetis dengan air dingin. Pilih mode mencuci delicate dengan putaran rendah.
  5. Jemur jaket di tempat teduh.

Dalam proses penjemuran, pembentangan seperti yang dilakukan pada jaket kulit asli lebih dianjurkan. Namun, jika tidak ada tempat yang cukup, Anda bisa menggantung jaket kulit menggunakan hanger yang kuat dengan bantalan untuk menyangga bagian bahu.

Itulah berbagai informasi mengenai cara mencuci jaket kulit asli dan jaket kulit sintetis. Untuk mendapatkan informasi menarik yang lain, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi