Ini Cara Membersihkan Sepatu Setelah Kehujanan, Jangan Asal Ditinggal

| 14 Nov 2023 07:06
Ini Cara Membersihkan Sepatu Setelah Kehujanan, Jangan Asal Ditinggal
Ilustrasi sepatu basah kehujanan (pexels)

ERA.id - Musim hujan telah tiba di Indonesia. Langit lebih sering gelap dibanding hari-hari yang lalu. Pakaian dan sepatu berisiko basah karena terkena hujan saat digunakan di luar rumah.

Menyambut musim hujan, kita perlu tahu cara membersihkan sepatu setelah kehujanan. Sepatu yang kena air hujan tidak hanya basah, tapi juga kotor. Jika tidak ditangani dengan tepat, sepatu basah akan berbau busuk, mudah rusak, dan rawan menyebabkan sakit bagi pemakainya.\

Ilustrasi sepatu basah (pexels)

Cara Membersihkan Sepatu Setelah Kehujanan

  • Saat sampai di rumah, buka sepatu, lap dengan kertas koran, lalu jemur. Jika Matahari belum terlihat, angin-anginkan sepatu. Posisi penjemuran sepatu saat dijemur adalah berdiri agar udara bisa masuk dari berbagai arah.
  • Jangan memanaskan sepatu di dekat kompor karena bisa membuat kulitnya kaku atau keras.
  • Anda juga bisa memasukkan kertas koran yang dibulatkan (gumpalan kertas) ke dalam sepatu. Kertas koran akan menyerap air di bagian dalam.
  • Anda juga bisa mengelap kulit sepatu dengan spons untuk menyerap kulit. Setelah itu, angin-anginkan sepatu.
  • Jika ada bercak kotoran pada sepatu kulit, bersihkan dengan menggosok noda dengan ampelas halus.
  • Untuk menghindari jamur, bila ada matahari jemurlah sepatu, tapi jangan terkena sinar Matahari secara langsung.
  • Udara lembab rawan membuat sepatu kulit berjamur. Anda bisa mengatasinya dengan semir jeli petroleum (vaselin). Baru setelah itu semir sepatu dengan semir biasa.
  • Membersihkan sepatu kets bisa dilakukan dengan menggosoknya menggunakan sikat yang telah dicelupkan di air sabun. Setelah itu, gosok lagi dengan sikat yang dicelupkan ke air bersih. Jangan menyirap sepatu dengan air!
  • Penjemuran sepatu kets bisa dibantu dengan penyumpalan bagian ujung sepatu. Sumpal bisa menggunakan gumpalan kertas koran atau kain lap. 
  • Membersihkan sepatu berbahan kanvas bisa dilakukan dengan sikat gigi bekas yang telah dicelupkan ke air sampo karpet atau air deterjen lembut.

Membersihkan Pakaian Basah karena Kehujanan

Dilansir The Guardian, Anda perlu segera memeriksa jenis pakaian Anda dan tingkat basahnya saat tiba di rumah setelah kehujanan. Menurut Corey Simpson, manajer komunikasi di Patagonia, beberapa material pakaian tidak butuh perawatan setelah kena air hujan. Namun, sebagian bahan butuh dikeringkan.

Jas dan jaket yang punya ketahanan terhadap air hanya perlu dikibaskan atau dilap. Sementara, kemeja, kaus, dan celana yang materialnya menyerap air butuh perhatian lebih.

Setelah melepaskan pakaian dari tubuh, jangan biarkan pakaian tersebut menumpuk, baik di lantai maupun di keranjang pakaian. Tumpukan pakaian basah bisa memicu tumbuhnya jamur dan bau.

Pakaian basah harus segara dicuci agar jamur dan bau tidak muncul. Jika pakaian tersebut sangat kotor, misalnya oleh lumpur atau cipratan air di jalan, Anda disarankan menghilangkan kotoran tersebut terlebih dahulu sebelum mencucinya. Pembersihan kain halus, seperti wol halus dan sutra, sebaiknya dilakukan dengan mencuci kering untuk mencegah noda air. 

Itulah beberapa tips cara membersihkan sepatu setelah kehujanan dan pakaian yang digunakan. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi