Ingin Pasang Sendiri Stop Kontak Rumah? Ini Caranya!

| 03 Oct 2023 11:29
Ingin Pasang Sendiri Stop Kontak Rumah? Ini Caranya!
Ilustrasi (Dok tangkapan layar Schneider )

ERA.id - Stop kontak lampu rumah adalah komponen penting dalam instalasi listrik rumah Anda. Komponen listrik tersebut memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai instalasi listrik, perangkat elektronik, juga lampu dengan mudah. Biasanya, pemasangan stop kontak dilakukan saat proses pembangunan rumah masih berlangsung.

Namun, ada pula yang ingin menambah titik stop kontak baru setelah rumah ditempati atau ingin mengganti dengan jenis yang lain. Simak cara pasang yang pada penjelasan di bawah ini.

Bahan yang Harus Disiapkan

Untuk bisa memasang stop kontak sendiri di rumah, Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang listrik. Anda bisa mempelajari informasi selengkapnya lebih dulu dan menyiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan tersebut bisa Anda dapatkan di toko bangunan atau toko khusus peralatan listrik di sekitar rumah Anda. Berikut ini peralatan dan bahan yang harus Anda siapkan:

  • Stop kontak. Pilih model atau jenis stop kontak lampu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan memilih model stop kontak dengan penutup keamanan,  jika Anda memiliki anak yang masih kecil di rumah.
  • Sekrup dan mur
  • Obeng
  • Kabel listrik. Sediakan 2 jenis kabel, yaitu kabel N dan kabel L.
  • Tang pemotong kawat.
  • Tang potong kawat
  • Alat pengupas kawat
  • tespen
  • Pelindung kabel. Bahan ini tidak wajib tersedia, tapi jika Anda menginginkan keamanan lebih pada aliran listrik yang terhubung dengan stop kontak tersebut, maka Anda bisa menggunakannya.

Cara Pasang Sendiri Stop Kontak Rumah

Setelah semua alat dan bahan lengkap, sekarang saatnya Anda memasang sendiri stop kontak pada titik pemasangan yang diinginkan. Perhatikan semua detail cara pemasangan dan jangan sampai terlewat agar stop kontak lampu rumah bekerja dengan benar. Ikuti langkah-langkah pemasangan stop kontak di bawah ini dengan urutan yang benar.

1. Matikan Listrik

Sebelum Anda mulai, pastikan untuk mematikan pasokan listrik ke area di mana Anda akan memasang stop kontak lampu. Anda bisa melakukan ini dengan mematikan sirkuit utama atau sirkuit yang relevan di kotak instalasi listrik yang ada di rumah Anda.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Tentukan di titik dinding mana Anda ingin memasang stop kontak lampu tersebut. Pastikan tempat tersebut dapat dijangkau dengan mudah sesuai dengan fungsi sambungan listrik atau lampu yang dibutuhkan. Buat hole pada titik dinding yang telah ditentukan.

3. Pasang Kotak Listrik

Pasang kotak listrik di titik hole yang telah tersedia. Pastikan kotak listrik tersebut aman dan kokoh, serta tidak ada celah yang membuat kotak listrik goyang dan mengganggu aliran listrik yang mengarah pada stop kontak.

4. Persiapkan Kabel Listrik

Potong kabel listrik sesuai dengan panjang yang diperlukan untuk mencapai kotak listrik. Kemudian, gunakan alat pengupas kawat untuk mengupas lapisan isolasi kabel pada kedua ujungnya.

5. Hubungkan Kabel

Hubungkan kabel listrik yang telah Anda siapkan ke stop kontak lampu. Kabel N (netral) harus terhubung ke terminal N, sedangkan kabel L (fase) harus terhubung ke terminal L. Pastikan koneksi kedua kabel tersebut sudah kuat dan aman.

6.Pasang Stop Kontak

Selanjutnya, pasang stop kontak lampu ke kotak listrik yang telah Anda pasang sebelumnya. Gunakan sekrup dan mur untuk menguatkan posisi stop kontak dan menutup titik hole dinding dengan sempurna.

7. Periksa Koneksi

Pastikan semua koneksi kabel aman dan tidak ada kabel yang menggantung atau terlalu terpapar yang bisa membahayakan. Anda bisa menggunakan pelindung kabel untuk menjaga kabel tetap rapi jika diperlukan.

8. Uji Stop Kontak

Nyalakan kembali pasokan listrik dan uji stop kontak lampu dengan mencolokkan perangkat atau lampu yang Anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan tespen untuk memastikan instalasi menyediakan aliran listrik dengan benar. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

9. Tutup Kotak Listrik

Setelah Anda yakin bahwa semua koneksi aman dan berfungsi, tutup kotak listrik dengan penutup yang sesuai.

10. Selesaikan dengan Rapi

Pastikan kabel dan semua komponen terpasang dengan rapi dan tidak ada risiko terpaparnya bagian-bagian listrik.

Pemasangan stop kontak lampu rumah seharusnya dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan peraturan dan kode listrik yang berlaku di kawasan tempat tinggal Anda.

Jika Anda tidak yakin melakukan pemasangan sendiri, tidak ada salahnya mendapatkan bantuan dari seorang profesional listrik yang berpengalaman untuk memastikan keamanan dan kualitas pemasangan stop kontak tersebut. Penting untuk selalu diingat, keselamatan adalah yang utama dalam pekerjaan listrik.

Di pasaran, tersedia berbagai model stop kontak yang bisa Anda pilih. Sesuaikan pilihan tersebut dengan gaya dekorasi rumah, warna produk, kebutuhan jenis stop kontak, serta budget yang Anda siapkan.

Schneider Electric menyediakan beragam jenis dan model stop kontak yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan rumah Anda. Brand asal Prancis ini sudah dikenal sebagai produsen komponen dan peralatan kelistrikan terbaik di seluruh dunia yang menyediakan produk-produk berkualitas.

Rekomendasi