Cara Mengobati Tulang Ekor Sakit Karena Jatuh, Lakukan Ini

| 07 Oct 2023 12:03
Cara Mengobati Tulang Ekor Sakit Karena Jatuh, Lakukan Ini
Wanita pasca persalinan berisiko mengalami sakit tulang ekor (Freepik/Cookie Studio)

ERA.id - Seseorang yang mengalami sakit tulang ekor atau coccydynia akan merasakan sakit di dalam atau di sekitar tulang segitiga kecil yang terletak di bagian paling bawah tulang belakang. Lebih tepatnya di atas celah tulang bokong/panggul. Tulang ekor yang sakit dapat dikarenakan trauma saat jatuh, duduk dalam waktu yang lama di atas permukaan yang sempit atau keras, perubahan sendi, atau persalinan pervaginam. Lantas bagaimana cara mengobati tulang ekor sakit karena jatuh?

Kondisi ini bagi seseorang yang mengalaminya akan terasa sangat pegal dan tumpul. Namun, akan terasa semakin tajam selama menjalani aktivitas tertentu. Misalnya saat duduk, atau berdiri dari posisi duduk, ataupun berdiri dalam waktu lama. Aktivitas buang air besar dan berhubungan seksual juga sangat memungkinkan menimbulkan rasa sakit. Sakit tulang ekor juga akan membuat menstruasi tidak nyaman bagi wanita.

Ustrasana pose (YouTube Ventuno Yoga)

Cara Mengobati Tulang Ekor Sakit Karena Jatuh

Sakit pada tulang ekor pada umumnya dapat reda dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, untuk mengurangi sakit tulang ekor sementara, Anda dapat menjalani beberapa cara di bawah ini:

• Kompres panas atau es ke area yang terdampak.

• Condongkan tubuh ke depan sambil duduk.

• Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, misalnya acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin.

• Duduk di atas bantal berbentuk donat atau bantal baji (berbentuk V).

Memang tidak ada obat instan untuk menyembuhkan sakit tulang ekor, tetapi ada beberapa olahraga yang mampu meringankan tekanan yang menimbulkan nyeri, salah satunya adalah yoga. Berbagai pose yoga sangat bagus untuk peregangan otot dan ligamen yang tersambung ke tulang ekor. Ibu hamil dengan nyeri tulang ekor juga dapat menerima manfaat dari peregangan selama latihan yoga.

Jika sakit Anda tidak membaik, segeralah berkonsultasi pada dokter. Kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan dubur untuk menyingkirkan kondisi lain. Selain itu, jika dibutuhkan, dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) untuk mengetahui ada tidaknya patah tulang, perubahan degeneratif, atau tumor.

Cara mengatasi sakit tulang ekor kronis dapat berupa hal berikut:

  • Pijatan. Memijat otot-otot pada tulang ekor dapat membantu meringankan rasa sakit. Pijatan biasanya dilakukan melalui rektum.
  • Pengobatan. Suntikan anestesi lokal ke tulang ekor dapat meredakan rasa sakit selama beberapa minggu. Obat antidepresan atau anti epilepsi tertentu juga dapat menghilangkan nyeri tulang ekor.
  • Terapi fisik. Ahli terapi fisik akan membimbing Anda bagaimana menerapkan teknik relaksasi dasar panggul, seperti bernapas dalam-dalam dan benar-benar merilekskan dasar panggul.
  • Operasi. Prosedur yang dikenal sebagai coccygectomy, tulang ekor diangkat melalui pembedahan. Pilihan ini hanya diberikan ketika semua perawatan lain tidak bekerja dengan baik.

Pencegahan Risiko Sakit Tulang Ekor

Anda juga bisa menurunkan risiko sakit tulang ekor dengan cara berikut:

  • Hindari aktivitas yang dapat memperburuk gejala. Contohnya seperti bersepeda dan duduk dalam waktu lama.
  • Berhati-hati agar tidak jatuh. Pastikan lantai dan jalur berjalan tidak ada benda, puing-puing, dan kabel yang berpotensi membuat Anda jatuh dan tersandung. Pastikan juga semua tangga memiliki penerangan yang baik. Hindari berjalan sambil melihat ponsel.

Nyeri tulang ekor dapat terjadi karena adanya bermacam-macam penyebab. Kabar baiknya, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa penanganan alami di rumah dapat membantu pemulihan. Contohnya peregangan, karena mampu mengendurkan otot-otot di sekitar tulang ekor yang mungkin menimbulkan ketidaknyamanan.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengobati tulang ekor sakit karena jatuh. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi