5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif

| 09 Sep 2023 09:20
5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif
Gerakan yoga untuk mengecilkan perut, halasana (YouTube Ventuno Yoga)

ERA.id - Lemak berlebih pada bagian perut bisa berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Salah satu dampak negatif yang paling umum dirasakan adalah kelesu dan kelelahan. Hal ini perlu segera ditangani, salah satunya dengan gerakan yoga untuk mengecilkan perut. 

Orang dengan perut buncit lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan obesitas. Bagi Anda yang masih muda, hal ini mungkin belum terlalu tampak, tapi beberapa tahun kemudian hal ini bisa saja terjadi.

Selain itu, perut buncit juga membuat penampilan menjadi kurang menarik. Rasa percaya diri bisa terganggu oleh hal ini. Menurut guru yoga sekaligus pendiri Akshar Yoga Institutions, Himalayan Siddhaa Akshar, ada beberapa hal yang bisa memicu perut puncit.

“Beberapa penyebab perut buncit adalah faktor genetik, penyakit tertentu atau obesitas, kebiasaan makan yang buruk, pola tidur yang tidak menentu, kurang olahraga, dan lain-lain. Hal-Hal ini menciptakan obesitas perut yang juga bisa mempengaruhi kepercayaan diri Anda,” jelas Akshar.

Beberapa gerakan yoga bisa memberikan manfaat pengecilan perut. Dengan teknik yang tepat dan kedisiplinan, perut Anda akan kembali ke ukuran normal. Dikutip Era.id dari Time of India, berikut ini rinciannya.

Pose atau Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut

  • Ustrasana (Camel Pose)​

    Ustrasana pose (YouTube Ventuno Yoga)

Letakkan tangan di pinggul saat berlutut. Setelah itu, letakkan telapak tangan Anda di tumit (yang posisinya di belakang tubuh) dengan melengkungkan punggung ke arah belakang. Pertahankan postur leher yang netral (wajah menghadap ke atas).

Tahan posisi ini selama beberapa tarikan napas. Setelah menghela napas, mundurlah secara hati-hati dari posisi Anda. Tarik tangan ke belakang dan letakkan di pinggul saat berdiri tegak.

  • Halasana (Plough Pose)​

“Telapak tangan Anda harus berada di lantai di samping Anda saat Anda berbaring telentang. Dengan menggunakan otot inti, angkat kaki Anda 90 derajat. Benamkan telapak tangan Anda dengan kuat di tanah. Kaki harus diselipkan di bawah kepala Anda. Jika perlu, dorong punggung bagian bawah dengan telapak tangan. Untuk beberapa tarikan napas, pertahankan posisi tersebut. Tahan posisi tersebut selama 15 hingga 20 detik,” saran Akshar.

  • Padahasthasana (Palms to Feet Pose​)

Sebagai awalan, asumsikan samasthithi. Tarik dan buang napas dalam-dalam, lalu lipat tubuh Anda perlahan ke arah depan hingga hidung Anda dekat ke lutuh. Letakkan telapak tangan di sisi kaki. Jika Anda pemula, tekuk lutut dengan lembut saat melakukan gerakan ini.

  • Santolanasana (Plank Pose)​

Secara umum, gerakan ini mirip dengan gerakan plank pada umumnya. Namun, ada suatu saran dari Akshar dalam melakukan santolasana.

“Letakkan telapak tangan di bawah bahu sambil berbaring tengkurap; angkat lutut, panggul, dan tubuh bagian atas; pegang tanah dengan kuat menggunakan jari-jari kaki Anda. Pastikan tulang belakang, panggul, dan lutut sejajar dan posisi tangannya lurus, posisikan pergelangan tangan tepat di bawah bahu; dan tetap di posisi akhir selama beberapa waktu,” jelas Akshar.

  • Vasishtasana (Side Plank)

Gerakan ini bisa dilakukan dengan awaln pose plank (santolasana). Setelah tubuh berposisi plank, putar pinggul Anda ke arah kanan dan jadikan sisi luar telapak kaki Anda sebagai tumpuan. Setelah itu, letakkan telapak kaki Anda di sisi kaki kiri (menempek sejajar di atas kaki kiri).

Setelah itu, angkat tangan kanan dari lantai dan kuatkan telapak tangan kiri di lantai. Anda bisa meletakkan sejenak telapak tangan Anda di pinggul untuk menjaga keseimbangan. Setelah itu, angkat tangan kanan ke atas dengan jari-jari menunjuk ke atas. Arahkan wajah sesuai posisi telapak tangan kanan.

Tahan posisi tersebut selama beberapa waktu, kemudian turun secara perlahan. Lakukan hal serupa dengan menghadap ke kiri dan mengangkat tangan kiri.

Itulah beberapa gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit. Lakukan tiap langkah dengan benar dan perlahan agar tidak berbuah cedera. Disiplinkan diri untuk melakuklan gerakan ini secara rutin dengan jadwal yang tepat bagi Anda agar hasilnya maksimal. 

Rekomendasi