Cara Mengembalikan Kulit Gosong Akibat Terpapar Sinar Matahari

| 07 Oct 2023 14:00
Cara Mengembalikan Kulit Gosong Akibat Terpapar Sinar Matahari
Cara mengembalikan kulit gosong (unsplash)

ERA.id - Kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari memang hal yang tidak menyenangkan. Namun, ternyata ada lho beberapa cara mengembalikan kulit gosong akibat paparan matahari.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi langkah-langkah dan tips yang dapat membantu Anda mengatasi kulit yang terbakar dan memulihkannya agar kembali segar dan sehat.

Pemulihan kerusakan kulit akibat sinar matahari dapat bervariasi. Mulai dari penggunaan krim dan gel topikal sehari-hari, hingga chemical peel kulit kimia, dan mekanis perawatan laser. 

Berbagai perawatan dapat sementara memudarkan pigmentasi kulit yang tidak merata, membuat kulit kasar atau berkerut menjadi lebih halus, mengecilkan pori-pori, dan bahkan dapat memulai kembali produksi kolagen.

Tips dan Cara Mengembalikan Kulit Gosong

1. Krim dan gel topikal 

Terdapat beberapa senyawa yang berasal secara kimia dari vitamin A akan mendorong sel-sel kulit untuk mengelupas dan memperbarui diri mereka sendiri. Selain itu juga dapat meningkatkan siklus pergantian sel kulit. 

Beberapa senyawa yang dibutuhkan juga dapat merangsang produksi kolagen, mencerahkan bintik-bintik coklat, dan secara teori dapat mengurangi ukuran pori-pori.

2. Vitamin C dan antioksidan lainnya

Vitamin C diketahui dapat memperlambat degenerasi kulit akibat produksi senyawa-senyawa liar, seperti radikal bebas, yang menyebabkan tanda-tanda kerusakan yang terlihat. 

Selain itu, antioksidan juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan, mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV, dan membantu mengurangi pemecahan kolagen.

Vitamin C diketahui dapat memperlambat degenerasi kulit (unsplash)

3. Eksfolian

Kerusakan akibat sinar matahari dapat memperlambat laju pergantian atau penggantian sel kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit kusam, kering, tone kulit yang tidak merata, dan bahkan noda dan pori-pori tersumbat. Eksfolian kimia dapat merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat.

4. Agen pemutih

Kosmetik pemutih atau pencerah biasanya mengandung hidrokuinon, bahan yang telah terbukti memiliki sifat pemutih kulit. Bahan-bahan ini digunakan bersama dengan retinoid dan dapat mencerahkan, tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan noda superfisial, pigmentasi tidak merata, dan bintik-bintik akibat sinar matahari.

5. Chemical peels

Chemical peel adalah prosedur non-bedah yang dilakukan oleh seorang ahli kulit dengan menggunakan berbagai solusi untuk memperbaiki penampilan kulit. 

Sementara itu, kedalaman perawatan bervariasi dibagi berdasarkan permukaan, sedang, atau dalam. Hal tersebut tergantung pada jenis kulit, tujuan kosmetik, dan terapeutik.

6. Terapi laser

Beberapa jenis laser dapat digunakan pada hampir semua permukaan tubuh untuk membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Secara umum, perawatan laser menghasilkan hasil terbaik ketika menargetkan wajah, leher, dan dada.

Terapi laser biasanya juga memerlukan waktu kurang dari 30 menit, dengan masa pemulihan yang bervariasi tergantung pada jenis laser.

Selain itu, terapi laser dapat mengobati lesi merah dan coklat. Skenario optimal adalah ketika pasien memiliki kulit yang terang. Sebagian besar terapi ini bekerja paling baik ketika terdapat perbedaan kontras yang signifikan antara lesi merah atau cokelat dan kulit latar belakang.

Selain cara mengembalikan kulit gosong, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi