Mencegah Atap Rumah Bocor di Musim Hujan? Begini Langkah-langkah Pentingnya

| 28 Nov 2023 21:00
Mencegah Atap Rumah Bocor di Musim Hujan? Begini Langkah-langkah Pentingnya
Ilustrasi atap rumah (Foto: Pixabay)

ERA.id - Semua orang tentunya perlu memerhatikan betul kondisi atap rumahnya secara menyeluruh saat musim hujan akan tiba. Sebab, kebocoran pada atap rumah saat musim hujan terjadi sangat berpotensi terjadi, dan hal ini berisiko menimbulkan kerusakan lebih parah dan sangat mengganggu kenyamanan, sekaligus membahayakan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lalukan untuk mencegah atap rumah bocor di musim hujan.

Mengutip akun Instagram @mitraruma_official, Selasa (28/11/2023), di bawah ini adalah tujuh hal yang perlu Anda terapkan pada atap rumah saat musim hujan untuk mencegah kebocoran.

Periksa dan perbaiki atap yang rusak

Anda harus memeriksa kondisi atap rumah secara berkala, khususnya pada saat musim hujan tiba. Selain itu, Anda harus memastikan tidak ada kerusakan atau pelapukan pada atap yang dapat menimbulkan rembesnya air hujan.

Periksa kemiringan atap

Anda juga harus memeriksa kemiringan atap secara keseluruhan. Langkah ini sangat berguna untuk menangkal air secara optimal dan mencegah rembesan atau bocor.

Upayakan untuk memastikan kemiringan atap tidak terlalu landai, sekitar 25 hingga kurang dari 40 derajat saja.

Periksa kondisi plafon rumah

Selanjutnya Anda dapat memeriksa pelapukan, kelembapan berlebih, maupun kerusakan pada plafon rumah sebab dapat menimbulkan rembes dan buruknya kualitas udara.

jika terdapat kerusakan, hendaknya segera perbaiki plafon rumah agar tidak menyebabkan rembes saat hujan.

Ilustrasi plafon rumah (Foto: Pixabay)

Bersihkan talang air

Anda harus membersihkan talang air di atas rumah secara rutin, terlebih pada saat musim hujan. Sebab, talang air memang harus dibersihkan secara rutin sebab dapat dikotori oleh sampah daun-daun atau jenis kotoran lainnya. Talang air yang kotor dan tersumbat dapat menghambat jalannya air hujan dan berisiko menimbulkan kebocoran di rumah.

Gunakan pelapis antibocor

Agar kebocoran pada atap dapat dicegah, Anda dapat mengaplikasikan berbagai variasi pelapis antibocor. Untuk memastikannya berfungsi secara optimal, Anda dapat memilih cat pelapis antibocor dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan jenis atap rumah Anda.

Memaksimalkan ventilasi udara

Sistem penyokong sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan atap lebih cepat keropos dan rembes. Oleh sebab itu, agar rangka atap tetap kering, penting bagi Anda untuk menambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau bagian bawah genting.

Dengan ventilasi udara yang lebih optimal, sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan atap pun tidak akan mempunyai potensi untuk bocor.

Perhatikan pemasangan kusen

Pemasangan kusen pintu dan jendela di rumah Anda juga perlu diperhatikan. Sebab, ukuran kusen yang tidak pas dapat menimbulkan bocor dan rembes melalui sela-sela pintu dan jendela saat hujan turun.

Nah, demikianlah penjelasan tentang bagaimana mencegah atap rumah bocor di musim hujan. Setelah membaca langkah-langkah di atas, tentunya Anda sudah lebih siap bagaimana mengatasi atau menangani jika hal terburuk terjadi pada rumah Anda saat musim hujan tiba. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi