Wisata Alam saat Musim Hujan yang Paling Menarik unutk Dikunjungi

| 25 Nov 2023 13:34
Wisata Alam saat Musim Hujan yang Paling  Menarik unutk Dikunjungi
Wisata alam saat musim hujan (unsplash)

ERA.id - Musim hujan seringkali dianggap sebagai momen yang kurang ideal untuk berwisata. Namun, ada lho beberapa spot wisata alam saat musim hujan di Jakarta yang tetap menawarkan pesona menarik.

Mulai dari musem, tempat hiburan dan air terjun yang mengalir deras hingga kekayaan danau mistis, negeri ini memiliki sejumlah destinasi alam yang tetap menarik untuk dijelajahi saat musim penghujan tiba.

Cuaca hujan tidak menghalangi untuk menikmati liburan di luar rumah. Berikut ini ada 5 destinasi yang sangat sesuai untuk Anda kunjungi saat musim hujan tiba.

  1. Pemandian Air Panas

Jika Anda ingin melepaskan kepenatan, tak perlu pergi ke pantai, lho. Anda dapat merilekskan dan menghangatkan tubuh dengan berkunjung ke pemandian air panas.

Selama tidak ada hujan deras, Anda bisa menikmati sensasi berendam di air panas terbuka sambil diselimuti rintik hujan.

Di Indonesia sendiri terkenal dengan beberapa lokasi pemandian air panas, seperti Candi Umbul Magelang, Banyuwedang Bali, Maribaya Hotspring Lembang, dan Ciater Subang.

  1. Taman Botani

Menyatu dengan alam saat musim hujan? Mengapa tidak! Anda dapat merasakan pengalaman berkebun di Taman Botani yang menyajikan ribuan jenis flora.

Banyak taman botani yang memiliki rumah kaca dengan berbagai koleksi flora. Sebut saja Orchid Forest Cikole, taman anggrek terluas di Indonesia dengan 157 jenis bunga anggrek. Selain itu, ada Kebun Raya Bogor, Taman Botani Bali, dan Kebun Botani Purwodadi.

  1. Wisata Air Terjun

Debit air yang meningkat membuat para wisatawan merasakan kepuasan berwisata di air terjun. Selain Instagrammable, suara gemercik air juga dapat menyegarkan dan merelaksasi pikiran.

Terdapat banyak destinasi wisata air terjun, salah satunya di derah Kulon Progo, Yogyakarta, seperti Grojogan Sewu, Jatimulyo, Girimulyo, Kembangsoka, Jatimulyo, Girimulyo, Kedung Pedut, Jatimulyo, Girimulyo, Taman Sungai Mudal, Jatimulyo, Girimulyo, Air Terjun Sidoharjo, Samigaluh, Curug Siluwok, Samigaluh, Curug Sebantung, Jatimulyo, dan Curug Kuncung Mas, Jatimulyo.

  1. Minat Khusus

Terdaoat wisata Minat Khusus di Kulon Progo menawarkan tantangan dan adrenalin tinggi, masih dari Kulon Progo berikut ini beberapa pilihannya:

  • Arus Progo Rafting di Kalibawang memberikan pengalaman arung jeram seru.
  • River Tubing di Desa Wisata Tinalah Purwoharjo
  • Dolan Deso Boro Banjaarasri (memberi sensasi menyusuri sungai dengan cepat).
  • Offroad Nglinggo di Desa Wisata Nglinggo, Samigaluh, menawarkan petualangan darat melalui alam pedesaan yang indah.
  1. River Tubing

River tubing pada musim hujan menguji nyali dengan arus yang lebih deras. Meskipun mendebarkan, namun Anda tidak perlu khawatir karena river tubing dielola secara khusus dengan pendampingan pemandu dan dilengkapi alat pengaman.

Beberapa spot river tubing yang dapat dikunjungi termasuk Kalisuci (Yogyakarta), Green Canyon (Pangandaran), Sungai Citanduy (Ciamis), Sungai KaliMangu (Magelang), dan masih banyak lagi.

  1. Berburu Kabut

Paling menarik dari liburan saat musim hujan adalah berburu kabut. Banyak destinasi wisata alam yang menawarkan panorama kabut, terutama di daerah yang cukup tinggi seperti pegunungan, bukit, dan hutan. Satu-satunya syarat adalah berangkat pada waktu subuh.

Tertarik berburu kabut? (Unsplash)

Anda tidak akan menyesal, karena dapat menyaksikan pemandangan alam yang terselimuti kabut yang perlahan disapu oleh cahaya matahari. Misalnya, Tebing Kraton di Bandung, Bukit Sikunir Dieng, dan Desa Pinggan Kintamani.

Selain wisata alam saat musim hujan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi