Tips Solo Travelling buat Wanita, 8 Cara Agar Perjalanan Lebih Bermakna

| 03 Dec 2023 12:00
Tips Solo Travelling buat Wanita, 8 Cara Agar Perjalanan Lebih Bermakna
Tips solo travelling buat wanita (unsplash)

ERA.id - Solo traveling bagi wanita dapat menjadi pengalaman yang menarik, dengan syarat memiliki perencanaan yang matang dan pemahaman tentang destinasi yang akan dikunjungi. Untuk itu, Anda harus paham beberapa tips solo travelling buat wanita yang perlu Anda coba.

Artikel ini akan memberikan tips dan saran praktis bagi wanita yang ingin menjelajahi dunia sendirian, termasuk bagaimana memilih destinasi yang aman, menyusun rencana perjalanan yang baik, dan mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi selama solo traveling.

Tips Solo Travelling buat Wanita

Berlibur sendirian sebagai wanita dapat menjadi pengalaman yang membebaskan dan memperkaya, tetapi juga menuntut kewaspadaan dan persiapan yang baik. Dilansir dari worldpackers, berikut adalah beberapa tips untuk solo traveling bagi wanita:

  1. Menginap di Hostel

Suasana di hostel cenderung sangat bagus untuk bersosialisasi, sehingga menjadikannya tempat yang ideal untuk bertemu wanita-wanita lain yang bepergian sendirian.

Menginap di hostel juga membantu mengatasi rasa kesepian dan juga dapat membuka peluang-peluang unik lainnya.

  1. Bawa Barang Ringan

Minimalkan barang bawaan untuk mempermudah perjalanan. Pilihlah ransel karena lebih praktis daripada koper dan memungkinkan mobilitas yang lebih baik. Selain itu, dengan membawa barang secukupnya, risiko kehilangan juga dapat berkurang.

Pilihlah ransel daripada koper (unsplash)
  1. Bersiaplah dengan Baik

Selain persiapan fisik seperti pengaturan barang bawaan dan dokumen, persiapkan diri secara mental untuk menghadapi situasi yang mungkin tidak sesuai rencana.

Untuk itu Anda perlu mempersiapkan rencana untuk mengatasi beberapa kemungkinan masalah, seperti kehilangan atau tersesat, sehingga bagaimana cara mendapatkan rasa aman.

  1. Beri Waktu untuk Beradaptasi

Segera setelah tiba di tujuan baru, beri tubuh waktu untuk beradaptasi, terutama jika melewati beberapa zona waktu. Jangan terlalu banyak menjadwalkan kegiatan pada hari pertama, karena kelelahan perjalanan dapat mempengaruhi kemampuan untuk mengatasi masalah kecil.

  1. Sisakan Waktu untuk Spontanitas

Penting untuk jangan menjadwalkan setiap menit perjalanan. Untuk itu, tinggalkan ruang dalam jadwal untuk spontanitas, seperti mengikuti acara mendadak atau bergabung dengan teman baru dalam petualangan tak terduga.

  1. Terhubung dengan Wanita Lain yang Solo Traveling

Bergabunglah dengan grup media sosial yang didedikasikan bagi para wanita yang melakukan solo traveling. Melalui grub tersebut anda dapat mendapatkan tempat yang bagus untuk mendapatkan saran, bertukar pendapat, atau bahkan mengatur pertemuan dengan sesama wisatawan solo.

  1. Teliti Budaya Lokal

Sebelum mengunjungi suatu tempat, pelajari dasar-dasar budaya dan sejarahnya. Penting untuk menghormati budaya lokal, termasuk etika seperti memberi tip dan berpakaian yang sesuai. Dengan memahami norma-norma lokal, Anda dapat menumbuhkan rasa saling menghargai..

  1. Membawa Jurnal

Membawa jurnal perjalanan adalah cara yang luar biasa untuk menyimpan berbagai kenangan Anda. Cara ini dapat memberi Anda pengalaman klasik yang dapat dilakukan selama perjalanan panjang dengan bus, pesawat, dan kereta.

Dengan menulis di jurnal, Anda tidak akan melewatkan tempat yang bagus untuk mencatat alamat penting, nomor telepon, dan pengingat lainnya selama perjalanan Anda.

Solo traveling dapat menjadi petualangan yang luar biasa dengan persiapan yang tepat. Dengan menjalankan tips dalam artikel ini, Anda dapat menikmati pengalaman solo traveling dengan lebih aman dan bermakna.

Selain tips solo travelling buat wanita, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi