Penyebab Petir Menyambar Rumah dan Langkah Antisipasinya

| 05 Dec 2023 07:05
Penyebab Petir Menyambar Rumah dan Langkah Antisipasinya
Listrik menyambar (pexels)

ERA.id - Berlindung di dalam rumah saat terjadi hujan petir adalah anggapan yang lumrah. Namun, rumah juga punya risiko tersambar dan hal tersebut bisa saja berdampak pada Anda.

Ada beberapa hal yang jadi penyebab petir menyambar rumah. Menurut NOAA, tiga penyebab utama serangan petir adalah ketinggian, bentuk rumah yang runcing, dan terkait isolasi. Untuk mendapatkan info lebih lengkap, simak uraian berikut.

Apakah Bisa Tersambar Petir Saat di Dalam Rumah? 

Saat kita di dalam rumah, petir mungkin memang tidak menyambar kita secara langsung. Namun, listrik yang dibawa bisa dihantarkan oleh berbagai konduktor di dalam rumah, seperti dilansir Diskominfo dan Statistik NTB.

Saat Anda di dalam rumah, ada berbagai berangkat elektronik yang bisa jadi penghantar listrik dari petir, seperti TV, komputer, telepon kabel, bahkan charger ponsel. Seperti diketahui, listrik bisa merambar di tiang listrik dan pipa besi.

Sambaran petir (pexels)

Saat berlindung di dalam rumah karena terjadi hujan petir, sebaiknya Anda menjauhi TV kabel, telepon kabel, dan komputer. Selain itu, Anda juga bisa melepaskan alat-alat elektronik yang tersambung dengan setop kontak. Sementara, ponsel atau telepon genggam yang tidak tersambung secara langsung dengan listrik rumah masih aman digunakan.

Anda juga sebaiknya menjauhi keran, pintu, dan jendela yang terbuat dari bahan metal saat terjadi hujan disertai petir. Sebagian besar rumah telah menggunakan pipa plastik PVC untuk kebutuhan pengaliran air, tapi jika Anda masih punya pipa besi, sebaiknya itu juga dihindari.

Dalam beberapa kejadian petir juga bisa masuk melalui jindela, tapi hal tersebut sangat jarang terjadi. Dikutip dari Forbes, WHEC menyampaikan bahwa seseorang bernama Nick Gemayel pernah tersambar petir saat berada  di kantornya.

Hal tersebut terjadi saat hujan badai terjadi pada Juni 2017. Sambaran petir menyebabkan beberapa kerusakan, seperti kabel di kantor, telepon kabel, dan komputer. Saat itu, tangan kiri Nick juga jadi korban, bahkan membuatnya divonis terserang rhabdomyolysis.

Petir melukai tangan kiri Nick serta mengeluarkan protein yang berisiko bahaya. Protein tersebut bisa berdampak mematikan jika tidak ditangani dengan segera.

Meski demikian, laporan orang tersambar petir saat di dalam rumah lebih jarang dibandingkan orang tersambar petir saat di luar rumah. Oleh sebab itu, rumah tetap jadi pilihan yang aman untuk berlindung dari petir.

Untuk meningkatkan keamanan, ada baiknya Anda memasang penangkal petir di rumah. Alat tersebut akan menghantarkan listrik dari petir menuju tanah untuk menetralkannya.

Itulah berbagai info soal penyebab petir menyambar rumah. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi