Menghilangkan Lemak di Wajah? Apakah Susah? Simak Langkah-langkahnya, Yuk!

| 24 Dec 2023 18:05
Menghilangkan Lemak di Wajah? Apakah Susah? Simak Langkah-langkahnya, Yuk!
Ilustrasi penumpukan lemak di leher (dok: Freepik).

ERA.id - Seperti bagian tubuh kita yang lain, lemak juga dapat terkumpul pada area wajah seperti pipi. Nah, persoalannya tidak sedikit orang yang rasa percaya dirinya menurun saat mempunyai pipi yang tembam. Sehingga, banyak orang rela melakukan segala cara untuk menghilangkan lemak di wajah. Hal tersebut dilakukan agar seseorang bisa mendapatkan pipi yang tirus, bagian tepi wajah yang tajam, serta garis rahang yang menarik.

Jika Anda menjadi salah satu dari sekian orang yang memiliki persoalan dengan lemak di wajah, sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan.

Tips Menghilangkan Lemak di Wajah

Melansir Healthline, beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meniruskan pipi, yaitu:

Konsumsi Air Lebih Banyak

Minum air menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu, minum air juga bisa menghilangkan lemak pada wajah. Sebab, meminum air dapat membuat seseorang merasa kenyang, sehingga akan mengurangi hasrat untuk makan secara berlebihan. Hal tersebut tentunya akan membantu proses mengurangi berat badan Anda.

Menurut salah satu jurnal yang terbit pada National Center for Biotechnology Information (NCBI) 2016, konsumsi air putih akan memicu terjadinya lipolisis pada tubuh. Lipolisis adalah sebuah proses terjadinya dekomposisi kimiawi dan pemecahan lemak menjadi asam lemak yang bisa digunakan tubuh sebagai energi.  Proses tersebut merupakan kunci sukses untuk menurunkan berat badan.

Berolahraga Secara Rutin

Lemak yang tertumpuk pada area wajah seringkali merupakan akumulasi dari lemak tubuh yang berlebihan. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan tentunya dapat membantu mengurangi kadar lemak, sehingga bisa membuat tubuh dan wajah lebih langsing. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar lemak yaitu dengan berolahraga secara rutin. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu olahraga kardio. Antara lain berlari, menari, berjalan, bersepeda, hingga berenang.

Jenis olahraga tersebut akan meningkatkan detak jantung dan diyakini menjadi salah satu metode efektif untuk mengurangi berat badan. Untuk menjalankannya, Anda bisa berolahraga selama 150-300 menit sedang hingga berat setiap minggunya secara rutin. Dengan kata lain, dalam sehari kamu harus melakukan olahraga kardio dengan durasi 20-40 menit setiap harinya.

Senam Wajah

Senam wajah berfungsi untuk memperbaiki penampilan wajah, memerangi penuaan, dan menambah kekuatan otot wajah. Salah satu gerakan senam wajah yang paling populer yaitu menggembungkan pipi dan mendorong udara dari sisi ke sisi. Selanjutnya dengan mengerutkan bibir pada setiap sisi wajah secara bergantian.

Kemudian, buatlah gerakan menahan senyum sambil mengatupkan gigi untuk beberapa detik. Namun, hal yang perlu diingat bahwa penelitian mengenai efektivitas senam wajah untuk menghilangkan lemak secara khusus masih kurang.

Ilustrasi senam wajah untuk meniruskan pipi (Unsplash/Eleanor)

Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu tips yang harus dilakukan untuk membakar lemak di pipi. Pasalnya, kekurangan tidur akan meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh. Kadar hormon kortisol yang tinggi akan meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme sehingga meningkatkan risiko bertambahnya lemak pada tubuh.

Nah, jika kondisi ini dibiarkan, risiko seseorang untuk mengalami obesitas pun akan meningkat. Oleh sebab itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangat dibutuhkan sebagai upaya mengurangi lemak berlebih pada perut dan wajah.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat 

Salah satu cara yang disarankan untuk melangsingkan wajah dan menghilangkan lemak pada pipi, yaitu dengan meningkatkan asupan serat. Serat sendiri adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi tentunya akan menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga, nafsu makan pun dapat diredam dan dikurangi dengan baik.

Untuk mendapatkan asupan serat pada tubuh, ada beberapa makanan kaya serat yang bisa Anda konsumsi. Contohnya seperti kacang polong, pepaya, alpukat, pisang, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan lemak di wajah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi