Cara Aman Bermain Kembang Api untuk Merayakan Tahun Baru

| 27 Dec 2023 20:05
Cara Aman Bermain Kembang Api untuk Merayakan Tahun Baru
Cara aman bermain kembang api (pexels)

ERA.id - Merayakan tahun baru tidak harus pergi ke tempat ramai berdesak-desakan. Anda bisa merayakan pergantian tahun secara intim dengan menyalakan kembang api bersama pasangan atau keluarga.

Hal paling penting adalah memperhatikan cara aman bermain kembang api, apalagi bersama anak-anak. Bermain kembang api tak hanya butuh keberanian, tapi juga sikap bijak dan cerdas untuk menghindari bahaya kembang api. Perilaku yang salah bisa memicu kebakaran, bahkan mengancam nyawa.

Cara Aman Bermain Kembang Api

  • Pahami aturan pakai

Kembang api buatan pabrik umumnya mencantumkan aturan pakainya pada bagian kemasan. Sebelum menyalakannya, bahkan sebelum membeli, Anda perlu membaca dan memahami aturan tersebut. Memahami aturan pakai bisa meminimalisasi risiko buruk akibat kembang api.

  • Pengawasan orang dewasa

Tak sedikit anak-anak yang sudah berani bermain kembang api. Namun, seperti telah disebutkan di atas, bermain kembang api tak hanya butuh keberanian. Kecerdasan dan kebijaksanaan orang dewasa dibutuhkan.

Jika anak-anak ingin bermain kembang api, jenis yang kecil sekalipun, harus dilakukan di bawah pengawasan orang dewasa. Saat tahun baru, anak-anak punya semangat yang lebih besar untuk menyalakan kembang api sehingga orang dewasa tak boleh mengabaikannya.

Bermain kembang api bersama anak kecil (pexels)
  • Lokasi

Kembang api jenis apa pun sebaiknya dinyalakan atau dimainkan di tempat terbuka. Pemilihan lokasi yang tepat perlu dilakukan agar api-api tersebut tidak menyambar barang-barang yang mudah terbakar. Bunga-bunga indah yang muncul bisa membakar sekitar jika tidak berhati-hati.

  • Jarak aman

Selain dinyalakan di tempat terbuka, Anda juga perlu memperhatikan jarak aman. Pastikan kembang api tersebut tidak berada pada radius yang membahayakan orang disekitarnya.

Jika Anda bertugas menyalakan kembang api, Anda juga harus berada pada jarak dan posisi yang aman. Perhatikan pula jalan yang akan Anda lalui saat menjauh dari kembang api.

  • Perhatikan jeda

Beberapa kembang api tidak langsung menyala atau tidak menyala secara terus-menerus. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mendekati kembang api itu sebab dikhawatirkan tiba-tiba meledak.

Anda mungkin mengira isi kembang api telah habis karena tidak lagi menembakkan amunisi. Namun, ada baiknya Anda tunggu dulu beberapa saat untuk memastikan bahwa kembang api tersebut memang sudah habis atau mati sebelum mendekatinya.

  • Siapkan air

Antisipasi adalah hal yang baik. Tidak ada salahnya Anda menyiapkan air atau alat pemadam untuk memadamkan api jika terjadi kecelakaan. Jangan sampai hal kecil menjadi besar karena kurang persiapan. 

  • Siapkan obat

Tak ada yang mengharapkan kecelakaan, tapi antisipasi adalah hal yang bijak. Bermain kembang api berarti Anda bermain api. Anda perlu menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan jika sesuatu yang buruk menimpa orang di sekitar Anda.

  • Siram Sisa Kembang Api

Penyiraman kembang api tidak hanya dilakukan saat terjadi kecelakaan kembang api. Setelah Anda selesai bermain, siram kembang api yang ada dengan air untuk memastikan kembang api itu mati. Sisa percikan atau bara kecil bisa menjadi besar jika tidak diperhatikan.

Kami juga telah menulis artikel soal alasan tahun baru identik dengan kembang api. Baca tulisan tersebut untuk mendapatkan wawasan lebih luas.

Itulah penjelasan soal cara aman bermain kembang api. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Rekomendasi