7 Langkah Pertama Jika Terjadi Kebakaran, Wajib Lakukan Ini

| 08 Jan 2024 22:04
7 Langkah Pertama Jika Terjadi Kebakaran, Wajib Lakukan Ini
Langkah pertama jika terjadi kebakaran (Freepik)

ERA.id - Kebakaran merupakan bencana atau peristiwa berbahaya yang perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan kerugian materi hingga mengancam nyawa. Kebakaran bisa saja terjadi di rumah, lingkungan sekitar tempat tinggal, gedung, maupun hutan. Lantas bagaimana langkah pertama jika terjadi kebakaran?

Kebakaran rumah atau bangunan misalnya, bisa saja terjadi karena adanya konsleting arus listrik atau terpantik oleh api. Jika kebakaran melanda rumah sendiri tentunya menjadi momok menakutkan bagi penghuninya maupun lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah pertama jika terjadi kebakaran. 

Langkah Pertama yang Dilakukan saat Kebakaran

Penanganan kebakaran perlu segera dilakukan begitu mengetahui adanya tanda-tanda. Sebab apabila kondisi kebakaran dibiarkan dalam waktu lama maka akan mengakibatkan api bertambah besar dan sulit dikendalikan. 

langkah pertama jika terjadi kebakaran (Freepik)

Apabila Anda sedang mengalami situasi kebakaran, berikut ini langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika terjadi kebakaran:

Cari Alat Pemadam Api

Begitu Anda melihat atau mendengar adanya kebakaran, segera cari alat pemadam api. Anda bisa menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) jika memilikinya atau ada di sekitar Anda. 

Alat pemadam api berguna untuk membantu menjinakkan api secara instan. Namun jika Anda sudah melakukan pemadaman memakai alat tersebut namun gagal, sebaiknya segera tinggalkan lokasi dan mencari tempat aman. 

Kabari Orang Lain saat Terjadi Kebakaran

Segera beritahu orang lain di rumah jika terjadi kebakaran di hunian Anda. Anda bisa bertindak spontan seperti berteriak keras atau menghampiri orang yang ada di sekitar lokasi kebakaran. 

Jangan menunggu tanda pemberitahuan dari detektor asap atau alarm. Lebih baik mengambil langkah cepat untuk menyampaikan adanya kebakaran begitu api melalap rumah Anda. Beritahu juga tetangga di sekitar rumah agar mereka menyelamatkan diri. 

Hubungi Petugas Pemadam Kebakaran

Apabila kondisi kebakaran tidak bisa diatasi sendiri atau api sudah membesar, segera hubungi petugas pemadam kebakaran. Pastikan Anda dan orang-orang di lokasi kejian sudah meninggalkan atau menjauhi rumah yang dilumat si jago merah. 

Hindari berhenti atau sibuk di dalam rumah yang terbakar untuk mencari ponsel, sebab Anda justru bisa terjebak dalam kobaran api. Lebih baik segera berlari keluar untuk meminta tetangga atau orang lain menelepon petugas pemadam. 

Menjauh dari Api

Jika api semakin membesar dan melumat sebagian rumah, maka larilah keluar untuk mengamankan diri. Pertama, pikirkan keselamatan Anda dan keluarga terlebih dahulu. Meski ada barang berharga di dalam rumah, sebaiknya jangan memasuki rumah jika api masih menjilat-jilat. 

Pastikan sudah tidak ada orang lain di dalam rumah yang kebakaran. Saat berlari keluar, Anda perlu mengamankan anak dan pasangan Anda untuk membawa mereka ke tempat yang aman. 

Tutup Hidung dari Asap

Saat berada di lokasi kebakaran, tutupi lubang hidung Anda. Anda bisa menutup hidung menggunakan kain atau baju yang sedang dikenakan. Cara ini bertujuan untuk mencegah paparan asap masuk ke paru-paru. 

Selain itu, usahakan juga untuk menutupi wajah anak-anak Anda. Terlebih ketika Anda membawa mereka keluar rumah untuk mencari tempat aman. Hindari berlari atau masuk ke ruangan yang dipenuhi api dan asap. 

Tinggalkan Barang Berharga Jika Tidak Mungkin Diamankan

Mungkin di rumah Anda ada banyak barang berharga saat terjadi kebakaran. Namun sebelum memikirkan untuk mengamankan barang-barang tersebut, hal paling penting yang perlu Anda pikirkan adalah keselamatan Anda dan keluarga. 

Jika kobaran api sudah sangat besar, maka tinggalkan saja barang berharga Anda. Sebab jika Anda berusaha menyelamatkannya maka justru Anda bisa berada dalam bahaya atau terjebak kobaran api. 

Jatuhkan Diri Apabila Pakaian Terbakar

Mungkin Anda mengalami kondisi yang tidak diinginkan seperti pakaian yang Anda kenakan terbakar. Jika dalam kondisi ini, maka sebaiknya jatuhkan diri ke lantai atau berguling sebelum lari. Namun pastikan Anda memilih lantai yang aman atau jauh dari api. 

Demikianlah ulasan mengenai langkah pertama jika terjadi kebakaran di rumah Anda. Saat mengalami bencana ini, pastikan untuk memprioritaskan keselamatan Anda dan keluarga terlebih dahulu. Baca juga tips membaca keamanan dan keselamatan rumah di dapur.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi