Tips Menjadi Moderator Agar Dapat Buat Suasana Diskusi Jadi Hidup

| 16 Jan 2024 15:05
Tips Menjadi Moderator Agar Dapat Buat Suasana Diskusi Jadi Hidup
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Menurut KBBI, moderator adalah peran atau orang yang bertindak sebagai penengah seperti hakim atau wasit dalam sebuah sidang, rapat maupun diskusi untuk mendiskusikan sebuah masalah. Tentunya butuh keterampilan yang baik untuk menjadi moderator. Bagaimana cara menjadi moderator yang baik saat presentasi? Simak ulasan di bawah ini.

Cara Menjadi Moderator yang Baik

Seorang moderator tidak hanya bertugas mengajukan pertanyaan atau memperkenalkan narasumber maupun pembicara semata. Namun berhubungan juga tentang bagaimana memandu acara agar mampu berjalan dengan baik.

Dalam sebuah acara, moderator bisa jadi akan mendapati suasana yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Salah satunya ada seseorang yang di luar kesepatan memotong pembicaraan sebelum waktu bertanya diberikan.

Ketika hal tersebut terjadi, seorang moderator berhak untuk menyela atau menengahi dengan sopan dan memberikan instruksi untuk meneruskan pembicaraan yang sedang dibahas terlebih dahulu.

Ilustrasi moderator (Pixabay)

Selain itu, fungsi moderator tentu saja menjadi elemen yang penting, salah satunya berhubungan dengan kebahagiaan para peserta. Dalam hal ini, seorang moderator tentu saja harus mempunyai aura yang positif dan keramahtamahan yang baik.

Di bawah ini adalah beberapa cara menjadi moderator yang baik saat presentasi:

Memahami dan Mempelajari Topik

Untuk menjadi penengah dalam sebuah diskusi, moderator harus menguasai pemahaman dan pengetahuan yang luas.

Hal ini akan berguna untuk mencairkan suasana dan akan bermanfaat untuk menjembatani interaksi antara narasumber satu dan pihak audiens. Sehingga dari diskusi tersebut akan memunculkan pemahaman yang sama.

Memandu acara moderator tentunya memerlukan pembelajaran terkait topik yang akan dibahas di dalam sebuah diskusi. Karena moderator merupakan pengendali sepenuhnya diskusi tersebut agar dapat sukses dan lancar.

Ketika seseorang menjadi moderator dan belum memahami topik yang akan dibawa, maka ia harus meluangkan waktu mempelajari atau membaca materi tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran terkait pembahasan tersebut agar diskusi tersebut dapat mengalir.

Membangun Suasana

Moderator yang sukses dalam menjalani sebuah acara maupun diskusi, harus mampu membangun suasana menjadi interaktif. Sebagai moderator, kegiatan membangun suasana merupakan hal yang lumayan menghabiskan waktu.

Hal ini dikarenakan tidak semua orang mampu mengambil kesempatan atau moment untuk membangun suasana.

Maka sebagai penengah, moderator harus mampu mengendalikan emosinya sendiri sehingga tidak memberikan energi negatif kepada setiap aktor.

Membuat Narasumber atau Pembicara sebagai Pusat Perhatian

Sebagai moderator, Anda berhak memberikan atensi secara penuh kepada pembicara. Dengan demikian, para peserta akan fokus kepada pembicara.

Bagi Anda yang ingin fasih dalam berkomunikasi, kembangkan dalam beberapa hal misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan daripada hanya berfokus monolog.

Jadikan diri Anda sebagai moderator yang menjembatani narasumber untuk terus bersinar dan membuat acara semakin hidup.

Saat memperkenalkan narasumber, sebagai moderator Anda berhak untuk menekankan beberapa keunikan dan karakteristik pembicara. Hal ini menjadi bagian penting, sehingga peserta akan menerima pengetahuan.

Bersifat Objektif dan Netral

Dalam kegiatan diskusi, moderator harus bersikap secara kritis dan memberikan penilaian dengan objektif dan netral. Sebagai moderator harus mampu menjadi netral dan tidak berpihak kepada siapa pun.

Selain itu, objektif juga sangat dibutuhkan dalam bertugas sehingga semuanya dapat dibagi dengan adil.

Menghubungkan Narasumber dengan Audiens

Seorang moderator juga harus tampil menjadi penghubung antara narasumber dengan peserta. Hal ini berguna untuk menciptakan suasana interaktif.

Selama menjadi penghubung, sebagai moderator, Anda harus tekankan dari awal terkait materi yang akan dibawakan oleh narasumber.

Selain itu, moderator tidak boleh lalai maupun lupa memberikan waktu atau kesempatan kepada narasumber berapa lama waktu yang seharusnya mereka ambil.

Demikianlah ulasan tentang cara menjadi moderator  yang baik saat presentasi, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi