Tips Terhindar dari Sambaran Petir, Lakukan Hal Berikut!

| 14 Feb 2024 06:58
Tips Terhindar dari Sambaran Petir, Lakukan Hal Berikut!
Ilustrasi hujan petir (ANTARA)

ERA.idPetir atau yang juga disebut kilat atau halilintar umumnya terjadi pada musim penghujan. Petir termasuk gejala atau fenomena alam yang biasa terjadi di mana pun, salah satunya daerah tropis seperti Indonesia. Petir merupakan kilatan cahaya putih yang terang, diikuti dengan suara dentuman yang disebut guntur atau guruh. Tentunya fenomena ini berbahaya bagi siapapun. Oleh sebab itu, simak tips terhindar dari sambaran petir di bawah ini.

Petir yang menyambar mengandung daya listrik yang besar dan panas. Hal tersebut akan membuat benda-benda yang tersambar petir berisiko langsung hangus terbakar.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari sambaran petir seperti yang dikutip dari situs CDC:

Tips Terhindar dari Sambaran Petir Dalam Ruangan

Agar terhindar dari sambaran petir saat Anda berada di dalam ruangan, lakukan hal ini:

Hindari Air

Tips yang pertama ketika terdengar sambaran petir yaitu tidak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air seperti mandi, mencuci, berendam, atau kontak langsung dengan air. Sebab, petir bisa merambat melalui saluran air.

Jauhi Peralatan Elektronik

Anda juga disarankan untuk menjauh dan tidak menyentuh peralatan elektronik saat petir menyambar. Contoh peralatan elektronik di rumah misalnya komputer, laptop, mesin cuci, televisi, pengering, kompor listrik, dan lain sebagainya.

Jauhi Pintu dan Jendela

Ketika petir menyambar, Anda disarankan menjauh dari jendela, pintu, dan beranda rumah. Hindari berbaring di lantai beton atau dinding saat terjadi hujan badai.

Sebab, petir dapat merambat melalui kabel atau batang logam di dinding dan lantai.

Jangan Gunakan Telepon Kabel

Ketika petir menyambar, sebaiknya hindari penggunaan telepon kabel. Namun, telepon seluler atau nirkabel tetap bisa Anda gunakan.

Tips Terhindar dari Sambaran Petir di Luar Ruangan

Di bawah ini adalah tips aman agar terhindar dari sambaran petir ketika Anda berada di luar ruangan:

Ilustrasi tips terhindar dari sambaran petir. (Unsplash)

Pantau Prakiraan Cuaca Harian

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu periksa prakiraan cuaca harian. Apabila disebutkan akan ada badai petir, sebaiknya tunda perjalanan atau aktivitas di luar ruangan.

Jangan Berkerumun

Ketika berada di area terbuka bersama teman atau rekan kerja, sebaiknya segera pisahkan diri dan hindari kerumunan untuk mengurangi resiko tersambar.

Berlindung di Dalam Ruangan

Segera cari tempat berlindung yang aman dan tertutup saat Anda mendengar gemuruh guntur, seperti rumah, pusat perbelanjaan, kantor, atau mobil.

Temukan Tempat Aman

Jika Anda terjebak di area terbuka, segera cari tempat perlindungan. Namun, jika benar-benar tidak menemukan tempat aman, segeralah turun dari tempat-tempat tinggi seperti gunung atau bukit.

Kembali ke Pantai

Jika Anda sedang berada di perairan terbuka, ketika badai mulai menyerang, segeralah balik ke pantai.

Hindari Tiang Listrik atau Pohon

Hindari tiang listrik atau pohon saat sedang hujan petir. Sebab, petir cenderung menyambar objek-objek yang tinggi.

Segera Pergi dari Kendaraan Terbuka

Saat petir menyambar, hentikan kendaraan Anda, segera pergi dari kendaraan terbuka seperti motor. Selanjutnya berlindunglah di tempat yang aman.

Demikianlah ulasan tentang tips terhindar dari sambaran petir, semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi