Bahan Dapur yang Efektif untuk Jadi Pengusir Cicak, Ini Daftarnya

| 23 Feb 2024 21:00
Bahan Dapur yang Efektif untuk Jadi Pengusir Cicak, Ini Daftarnya
Ilustrasi Cicak (Foto: Twitter.com)

ERA.id - Kehadiran cicak yang terlalu banyak di rumah tentunya akan terasa mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir cicak secara mandiri. Caranya juga dapat dikatakan mudah, ada bahan dapur pengusir cicak yang bisa Anda gunakan di rumah.

Seperti yang kita tahu, cicak merupakan hewan reptil yang biasanya merayap di dinding atau plafon rumah. Jika populasi cicak sudah terlalu banyak, tentunya akan membuat kita risih karena mereka akan meninggalkan banyak kotoran.

Pada umumnya, cuaca panas menjadi momen terbaik bagi cicak keluar 'kandang'. Walaupun belum sepenuhnya memasuki musim kemarau, tentu tidak ada salahnya kita bersiap-siap.

Ilustrasi (Foto: Twitter.com)

Bahan dapur pengusir cicak

Sejenis dengan tikus, cicak juga dianggap sebagai hewan pembawa bakteri. Salah satu jenis bakteri yang dibawa cicak yaitu Salmonella.

Jika begitu saja dibiarkan, maka akan berisiko bagi penghuni rumah mendapatkan infeksi bakteri yang dibawa cicak. Salmonella sendiri tergolong kelompok bakteri penyebab infeksi yang menyerang saluran pencernaan.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bahan dapur pengusir cicak berikut di bawah ini.

Merica

Bahan dapur pengusir cicak yang pertama yaitu semprotan merica. Anda dapat mencampurkan merica dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan campuran ke area-area tempat cicak biasanya muncul.

Air merica bisa dijadikan sebagai salah satu cara alami untuk mengusir cicak. Sebab, merica dapat mengiritasi cicak dan mengusirnya jauh-jauh.

Bubuk kopi

Bubuk kopi juga bisa menjadi bahan dapur pengusir cicak yang diandalkan. Saat ada aroma kopi yang tercium, cicak akan menjauh. Selain itu, caranya juga terbilang mudah. Anda cukup menyebarkan bubuk kopi di area tempat cicak bermunculan.

Bawang putih

Bahan alami pengusir cicak berikutnya yaitu bawang putih. Cicak diketahui tidak senang dengan bau menyengat yang dikeluarkan bawang putih.

Anda dapat meletakkan beberapa siung bawang putih di area-area tempat cicak muncul. Cara ini dipercaya membuat cicak tak akan kembali.

Bawang bombai

Selain bawang putih, Anda juga bisa mengusir cicak dengan bawang bombai. Cicak juga tak menyukai aroma menyengat bawang bombai.

Caranya yaitu dengan mengiris bawang bombai dan letakkan di area tempat cicak biasa muncul.

Cangkang telur

Cangkang telur juga dapat menjadi bahan alami untuk mengusir cicak. Caranya juga tergolong mudah. Letakkan cangkang telur di setiap sudut ruang tempat cicak biasa muncul.

Anda bisa menyebar cangkang telur tanpa dicuci terlebih dahulu. Cicak dipercaya tidak menyenangi bau cangkang telur.

Demikianlah ulasan tentang bahan dapur pengusir cicak yang bisa Anda gunakan. Selain bahannya mudah didapatkan, cara yang digunakan juga tergolong mudah. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi