Cara Tepat Mengajarkan Anak Berenang, Perhatikan Hal-hal Berikut!

| 02 Mar 2024 20:23
Cara Tepat Mengajarkan Anak Berenang, Perhatikan Hal-hal Berikut!
Ilustrasi anak berenang. (Pexels/Juan Salaman)

ERA.id - Mengajarkan anak berenang sejak dini menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk melatih perkembangan skill mereka, baik itu secara fisik ataupun mental. Namun, mengajarkan anak berenang juga membutuhkan pendekatan yang sabar dan bertahap. Hal ini perlu diketahui sehingga anak tidak merasa takut dan membuatnya nyaman saat mulai berenang.

Dalam artikel online, dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, CCD, SubspAPK(K), MARS pun menginformasikan beberapa cara tepat mengajarkan anak berenang sebagai berikut.

Cara Tepat Mengajari Anak Berenang

Membiasakan anak dengan air

Belajar berenang dapat diawali dengan membiasakan anak dengan air melalui aktivitas menyenangkan, misalnya bermain di bak mandi atau shower. Menurut Dr Listya, atau yang akrab disapa dr.Tata, hal seperti ini akan membantu mengurangi rasa takut dan menjadikan anak merasa nyaman dengan sensasi air.

Dikenalkan dengan lingkungan kolam

Dr Tata juga menyarankan orangtua agar membawa anak ke kolam renang dan membiarkan anak melakukan adaptasi pada lingkungan baru dengan menyentuh air, bermain di tepi kolam, dan juga berjalan di air dangkal.

Bermain Gelembung Air

Menumbuhkan rasa nyaman di dalam dan di sekitar air merupakan prinsip paling penting untuk mempersiapkan keterampilan anak dalam berenang.

Selain itu, Anda juga harus tekun dalam mengajarkan anak agar ia mempunyai kebiasaan baik dan aman di dalam serta di sekitar air.

Seperti halnya saat ia melakukan mandi, Anda dan anak dapat melakukan permainan gelembung air agar ia terbiasa dengan situasi di kolam renang.

Selanjutnya, Anda juga dapat mengajak anak untuk berlatih menahan napas di dalam air sebagai latihan persiapan belajar berenang di kolam renang. Anda bisa mengajaknya melakukan “perlombaan” menahan napas.

Ilustrasi (Foto: Dok. Dash)

Latihan mengapung

Hal berikutnya adalah, ajarkan anak untuk mengapung dengan bantuan, mulai di permukaan air di mana orangtua atau pelatih bisa menopang tubuh anak. Hal ini membantu anak memahami cara kerja tubuh mereka saat mengapung.

Teknik pernapasan

Teknik pernapasan menjadi keterampilan paling penting saat berenang, menurut Dr Tata. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajarkan anak cara meniup gelembung di dalam air dan bernapas dengan benar saat posisi kepala mereka di dalam dan di luar air.

Gunakan alat bantu

Pelampung, papan renang, dan alat bantu lainnya dapat dimanfaatkan untuk membantu anak merasa lebih aman dan mendukung proses belajar mereka.

Latihan kaki dan tangan

Untuk latihan kaki dan tangan dapat Anda lakukan dengan menendang dan gerakan tangan di tepi kolam, kemudian diteruskan di dalam air dengan dukungan. Jika memang dibutuhkan, anak juga dapat memanfaatkan papan renang untuk membantu mereka fokus pada latihan kaki.

Beri instruksi yang jelas dan positif

Menurut Dr. Tata, orangtua juga harus memberikan instruksi yang jelas dan positif. Setelah itu, berikan pujian saat mereka memperlihatkan kemajuan sekecil apa pun.

Lakukan dengan konsisten dan sabar

Anda juga harus menjadwalkan sesi renang secara teratur dan tidak perlu terburu-buru, sebab kemampuan setiap anak dalam belajar memang berbeda-beda.

Demikianlah ulasan tentang cara tepat mengajarkan anak berenang. Setelah mengetahui langkah-langkah di atas, tentunya Anda sudah memahami bagaimana menerapkan cara yang tepat, aman, dan nyaman untuk anak dalam belajar renang. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi