Waktu yang Tepat Menggunakan Jasa Endorsement, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

| 23 May 2024 21:00
Waktu yang Tepat Menggunakan Jasa Endorsement, Perhatikan Hal-Hal Berikut!
Ilustrasi endorsement. (Foto: Elements Envato)

ERA.id - Dalam keseharian, mungkin Anda tidak lepas dari media sosial seperti Instagram dan TikTok. Dari kedua aplikasi tersebut, Anda tentunya sering menyaksikan para influencer mempromosikan atau melakukan review produk dari sebuah brand. Praktik tersebut disebut sebagai endorsement.

Pihak brand akan memberikan bayaran kepada seorang influencer atau artis agar produk mereka dipromosikan. Namun, sebenarnya kapan waktu yang tepat menggunakan jasa endorsement?

Waktu yang Tepat Menggunakan Jasa Endorsement

Para influencer tersebut dibebaskan untuk menentukan dan menyusun konsep konten sendiri. Walaupun demikian, Anda perlu memahami waktu yang tepat untuk meminta dan mempraktikkan endorsement. Apalagi jika Anda baru saja sedang merintis sebuah bisnis. Agar lebih memahami secara detail, Anda dapat membaca penjelasan yang dilansir dari indeed.com di bawah ini.

Latar belakang influencer selaras dengan produk

Sebelum menciptakan sebuah produk, tentunya Anda sebagai pemilik brand menguasai pengetahuan yang cukup mengenai proses pembuatannya. Oleh sebab itu, Anda perlu menemukan influencer yang memahami produk Anda.

Jika Anda merintis bisnis yang bergerak di bidang makanan, misalnya kue kering atau kue basah, berarti Anda membutuhkan influencer koki atau orang yang paham akan masakan. Hal ini dilakukan agar mereka mampu meyakinkan audiens untuk membeli produk Anda.

Jadi, ketika Anda sudah mendapatkan influencer yang tepat dan selaras dengan brand bisnis milik Anda, segeralah mulai menggunakan strategi endorsement.

Ilustrasi (Gambar freestocks - Unsplash)

Influencer mampu menggaet audiens dalam jumlah besar

Ketika melakukan endorsement, hal yang Anda butuhkan tentunya adalah perhatian audiens yang tertuju pada produk Anda. Selanjutnya, dari perhatian tersebut, Anda menemukan pembeli-pembeli baru yang tertarik pada produk Anda. Oleh sebab itu, Anda harus mencari influencer yang mempunyai audiens dalam jumlah besar.

Mereka yang mempunyai followers dalam jumlah besar, biasanya akan lebih mudah memengaruhi banyak orang untuk membeli produk Anda. Alasannya, tentu banyak orang yang mengikuti influencer tersebut sehingga makin banyak orang yang mengetahui keberadaan produk Anda. Apalagi jika influencer tersebut menyusun teknik endorse yang menarik perhatian.

Profil Influencer sebagai Sosok yang Populer

Pada dasarnya, profil dari influencer harus bisa membuat audiens yakin bahwa produk Anda mempunyai kualitas yang baik dan aman untuk digunakan atau dikonsumsi. Umumnya, mereka adalah orang terkenal yang memang menjadi ahli di bidangnya.

Jadi, selain influencer tersebut mempunyai keahlian di bidang yang selaras dengan produk, Anda juga harus memperhatikan seberapa terkenal sosok tersebut di kalangan masyarakat. Jika banyak orang yang kenal dengannya, maka semakin kuat pengaruhnya pada orang-orang.

Pada Hari dan Musim Tertentu

Beberapa hari dan musim juga ikut memberikan pengaruh terhadap efektivitas kampanye endorse. Sebagai contoh, saat musim liburan atau perayaan besar, banyak orang lebih aktif di media sosial untuk mendapatkan ide hadiah atau produk terbaru. Oleh sebab itu, memilih waktu yang sesuai dengan kalender event bisa ikut meningkatkan visibilitas kampanye.

Demikianlah ulasan tentang waktu yang tepat menggunakan jasa endorsement. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi