Tips Mencuci Baju Rajut Khususnya Wol Domba di Rumah

| 02 Mar 2024 08:02
Tips Mencuci Baju Rajut Khususnya Wol Domba di Rumah
Tips mencuci baju rajut (unsplash)

ERA.idBaju rajut merupakan salah satu pakaian favorit banyak orang karena sifatnya yang hangat, nyaman, dan stylish. Namun, merawat baju rajut membutuhkan perhatian khusus saat mencuci. Untuk itu, Anda harus paham betul tips mencuci baju rajut.

Artikel ini akan membahas tips-tips penting dalam mencuci baju rajut agar awet dan tahan lama. Mari mulai menjaga keindahan baju rajut Anda dengan mengikuti tips-tips berikut ini!

Tips Mencuci Baju Rajut

Mencuci pakaian rajut dengan benar bukan hanya soal menghemat uang, tetapi juga tentang menjaga citra Anda. Mencuci pakaian rajut dengan cara yang salah dapat membuatnya kehilangan bentuk, menyusut, atau berbulu yang akan berdampak negatif pada penampilan Anda secara keseluruhan.

Meskipun demikian, pakaian rajut tidak perlu dicuci terlalu sering karena bisa kehilangan bentuk. Namun bukan berarti Anda membiarkan jumper Anda berbau tidak sedap.

Mencuci pakaian rajut dengan benar akan membuat setiap helai pakaian lebih awet, sehingga sepadan dengan harganya. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelumnya, berikut di antaranya:

  • Baskom

Baskom harus cukup besar agar Anda bisa dengan mudah membilas atau menggoyangkan pakaian. Baskom kecil memaksa Anda untuk memeras pakaian, yang tidak disarankan.

  • Deterjen/Sabun

Pilihlah deterjen atau sabun yang lembut untuk mencuci pakaian rajut. Sebagian besar supermarket kini sudah menyediakan deterjen khusus untuk pakaian rajut.

  • Handuk

Siapkan setidaknya dua handuk besar untuk mengeringkan.

Cara Mencuci Wol Domba

Wol domba adalah jenis pakaian rajut yang paling populer dan digunakan untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari jas dan gaun hingga sweater dan mantel.

Perlu diketahui, wol domba memiliki sifat luar biasa untuk pakaian musim dingin, lantaran laju pelepasan panas yang rendah dan menyerap kelembaban dengan cepat.

Namun wol dapat kusut, terpelintir, atau meregang dan kembali ke bentuk aslinya dengan cepat karena elastisitasnya. Selain itu, wol juga sangat kuat, bahkan lebih kuat dari baja. Namun, ini bukan berarti Anda bisa seenaknya mencuci sweater Anda, karena pakaian wol perlu dirawat dengan hati-hati.

Cara Mencuci Wol Domba (unsplash)

Perlu diketahui, ada banyak jenis wol domba di antaranya Shetland, Melton, Lambswool, Merino, dan lain-lain. Namun dalam artikel ini akan berfokus pada dua jenis wol yang paling populer untuk pakaian saat ini yaitu Lambswool dan Merino.

Wol merino sendiri memiliki rasio kehangatan terhadap berat tertinggi dan dikenal dengan kelembutan luar biasa, kilau superior, dan breathability (sirkulasi udara) yang baik. Merino juga memiliki properti yang sangat bermanfaat karena secara alami tahan terhadap bau.

Cara Mencuci Wol merino dengan Tangan

  • Gunakan air hangat dan campurkan dengan sabun cair lembut. Anda bisa menggunakan cairan pencuci wol khusus yang menggunakan air dingin, tetapi ingatlah untuk membaca label terlebih dahulu.
  • Celupkan pakaian ke dalam air dan biarkan terendam selama sekitar 5 menit.
  • Bilas pakaian dengan hati-hati menggunakan air hangat.
  • Setelah selesai dibilas, peras air sebanyak mungkin dari pakaian. Ingat, jangan memelintir atau memeras pakaian.
  • Bungkus pakaian dengan handuk. Peras handuk dengan lembut. Buka bungkusan, letakkan pakaian di atas handuk baru dan biarkan diangin-anginkan di tempat yang sejuk.
  • Ingat jangan pernah memasukkan pakaian wol halus ke dalam mesin pengering.

Selain tips mencuci baju rajut, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi