Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador yang Harus Diketahui

| 18 Dec 2023 22:00
Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador yang Harus Diketahui
Potret Ryan Gosling sebagai ambassador Gucci Valigeria bergaya 70-an (Foto: tangkap layar laman official Gucci)

ERA.idBrand Ambassador atau yang di dalam bahasa Indonesia disebut sebagai duta merek, merupakan seseorang yang ditunjuk oleh pemilik merek untuk mencitrakan kualitas produk-produknya dari merek yang ingin dikenalkan kepada publik atau konsumen secara luas dengan tujuan utama promosi. Semakin bagus reputasi dan valuasi seorang duta merek maka semakin besar ketertarikan dan keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut. Lantas apa tugas dan tanggung jawab Brand Ambassador?

Saat ini, Brand Ambassador tidak hanya dinilai dari pembawaannya ketika mencitrakan kualitas produk-produk yang dibawakannya, lebih jauh Brand Ambassador juga dinilai dari keadaan kehidupan personalnya secara lebih luas. Nilai diri dari seorang Brand Ambassador akan memberikan nilai tambahan pada produk-produk yang dicitrakannya.

Pada umumnya Brand Ambassador tentu saja adalah orang-orang yang sudah memiliki nama besar dan dikenal oleh banyak orang, seperti para selebriti, artis, influencer atau seseorang yang telah diakui kemampuannya sebagai seorang profesional di suatu bidang sesuai dengan produk yang dipromosikan. Akan menjadi lebih ideal jika orang tersebut memiliki kesesuaian identitas dari brand dan perusahaan yang akan dipromosikannya karena mereka akan mewakili brand atau perusahaan pada acara-acara tertentu.

Caption

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

Memahami nilai produk hingga perusahaan

Brand Ambassador harus memahami nilai-nilai dan keunggulan produk yang dipromosikannya.

Menjadikan produk sebagai bagian dari kesehariannya

Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu aktif mempromosikan brand di seluruh media yang dia miliki dan datangi.

Meningkatkan reputasi dan menjaga nama baik brand

Nama baik produk dan merek dapat dijaga dan ditingkatkan dengan menjaga pula profesionalitas dan integritas profesi yang dijalankan oleh Brand Ambassador tersebut. Opini positif juga dapat dibangun dalam rangkat meningkatkan reputasi produk.

Menjadi sosok utama dari berbagai campaign yang diselenggarakan brand

Brand Ambassador akan menjadi seseorang yang ditempatkan di pusat acara-acara kampanye produk dalam rangka menarik peminat, seperti menjadi juru bicara.

Memberikan ide untuk marketing tentang brand

Karena Brand Ambassador langsung melakukan promosi secara langsung maka ia mampu pula untuk mengetahui kebutuhan konsumen yang sebenarnya sehingga ide-ide dapat diberikan.

Mendekatkan calon konsumen kepada brand

Keikutsertaan dan aktualisasi promosi Brand Ambassador harus mampu mendekatkan calon konsumen kepada produk secara langsung atau tidak langsung.

Membantu meningkatkan sales brand

Adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Brand Ambassador bertujuan pula untuk meningkatkan penjualan perusahaan terhadap produk yang dipromosikan.

Adapun tugas dan tanggung jawab lainnya adalah:

  • Memahami visi dan misi perusahaan.
  • Mewakili brand secara positif dalam berbagai bentuk.
  • Berpartisipasi dalam acara-acara promosi.
  • Bekerja bersama tim sales dan marketing untuk mengonsepkan strategi campaign.
  • Membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing.
  • Memberikan insight dan saran tentang produk atau jasa baru.
  • Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadinya.
  • Menjaga hubungan baik dengan vendor atau orang yang menjual produk atau layanan perusahaannya.
  • Memberi testimonial dan berperan dalam memberikan opini mengenai kualitas serta manfaat dari produk atau brand yang diwakilinya.
  • Memberi dorongan dan endorsement sehingga menguatkan persepsi pelanggan terhadap produk tersebut.
  • Bertindak seperti aktor dalam topik periklanan yang diwakilinya, di mana ia mempromosikan produk atau brand terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam program siaran tertentu.

Demikian tugas dan tanggung jawab Brand Ambassador terhadap suatu produk atau brand yang dibawanya. Persona Brand Ambassador akan menentukan nilai suatu produk dan keuntungan bagi perusahaan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi