Tips Memanggang Ikan Agar Tidak Lengket, Lakukan Teknis-teknis Berikut

| 09 Jun 2024 09:00
Tips Memanggang Ikan Agar Tidak Lengket, Lakukan Teknis-teknis Berikut
Ilustrasi ikan panggang (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Ikan bakar atau panggang merupakan salah satu hidangan favorit yang sering menjadi menu pilihan saat kumpul bersama. Aroma asap dan juga sensasi dalam proses memanggang ikan tentu menjadi daya tarik yang membuat olahan ikan bakar begitu digemari. Terlebih jika ikan panggang disajikan dengan nasi putih hangat dan cocolan pedas, sangat memanjakan lidah bukan? Dalam artikel ini, akan dibahas tips memanggang ikan agar tidak lengket.

Ikan dapat dipanggang atau dibakar dengan memanfaatkan teflon. Namun, memang terkadang yang menjadi persoalannya adalah ikan jadi gampang lengket atau bahkan gampang hancur saat dibakar menggunakan teflon. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut tips memanggang ikan agar tidak lengket yang dapat Anda ikuti.

Tips memanggang ikan agar tidak lengket. (Pixabay)

Tips Memanggang Ikan Agar Tidak Lengket

Berikut adalah teknis-teknis yang perlu diperhatikan agar ikan tidak lengket atau hancur ketika dibakar menggunakan teflon, dilansir dari laman resmi Food.

Panaskan Teflon Lebih Dulu

Teflon yang akan Anda gunakan untuk membakar ikan harus dipanasi lebih dulu. Anda bisa gunakan api sedang untuk memanaskan teflon. Sebelum digunakan untuk membakar ikan, pastikan teflon sudah dalam keadaan benar-benar panas.

Gunakan Daun Pisang

Sebelumnya, oleskan teflon Anda dengan minyak goreng. Kemudian, siapkan daun pisang. Daun pisang juga perlu diolesi minyak goreng pada sisi yang menempel ke telfon. Penggunaan daun pisang ini dapat mencegah ikan lengket atau ikan hancur saat dipanggang menggunakan teflon. Selain itu, daun pisang juga menambah aroma yang lebih wangi pada ikan yang dibakar.

Sekali Balik

Nah, agar ikan tidak gampang hancur, upayakan agar cukup sekali balik saja dalam proses pemanggangan. Setelah satu sisi ikan dibakar selama sekitar sepuluh menit, baru Anda balik dan bakar sisi satunya hingga matang merata. Pasang api kecil agar matangnya bisa lebih merata dan tidak gampang hangus.

Gunakan Bumbu Tumis

Anda bisa menghaluskan terlebih dulu bumbu-bumbu ikan bakar seperti bawang merah, cabai, kunyit, bawang putih, kemiri, dan garam. Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga wangi. Bumbu yang sudah ditumis ini bisa Anda balurkan langsung ke ikan yang akan dibakar hingga merata. Kemudian, agar matangnya merata, bakar ikan di teflon sambil sesekali dibalik. Penggunaan bumbu tumis yang mengandung sedikit minyak dapat mengurangi risiko ikan lengket saat dipanggang.

Sebagai informasi tambahan, di bawah ini disertakan pula salah satu resep yang bisa Anda gunakan.

Resep Ikan panggang Bumbu Pedas

Bahan:

  • 3 ekor ikan nila, kerat-kerat
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh air asam jawa, dari 1 sdt asam jawa dan 1 sdm air, larutkan
  • 1 sendok teh minyak

Bumbu Halus:

  • 1 cm kunyit, bakar
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1/4 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Ikan Panggang Bumbu Pedas:

  1. Lumuri ikan dengan campuran bumbu halus, merica bubuk, garam, gula, air asam jawa, dan minyak. Letakkan selama 30 menit di dalam lemari pendingin/kulkas.
  2. Panggang ikan di atas pan bergelombang, sambil Anda olesi sisa bumbu dan dibalik hingga matang.

Itulah tips memanggang ikan agar tidak lengket yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi