Cara Mencairkan Ikan Beku dengan Cepat dan Mudah

| 01 Oct 2023 08:14
Cara Mencairkan Ikan Beku dengan Cepat dan Mudah
Ilustrasi ikan beku (pexels)

ERA.id - Kesegaran ikan bisa dijaga dengan memasukkannya ke dalam freezer. Ikan beku akan awet hingga beberapa bulan sebelum nantinya diolah menjadi kuliner lezat. Rasa dan tekstur ikan juga tak banyak berubah.

Ikan yang dimasukkan ke freezer pasti membeku. Cara mencairkan ikan beku dengan mudah perlu Anda tahu agar tidak membuat proses memasak menjadi lama. Ikan yang masih beku lebih susah dimasak, termasuk untuk menjadi matang.

Cara Mencairkan Ikan Beku dengan Cepat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencairkan ikan beku adalah meletakkan ikan tersebut di chiller selama satu malam. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membiarkan ikan tersebut cair dengan sendirinya di suhu ruang.

Bagaimana jika Anda butuh waktu yang cepat untuk memasak ikan? Proses yang baru saja disebutkan butuh waktu yang cukup lama. Efisiensi waktu pun menjadi rendah.

Jangan khawatir! Ada cara yang mudah dan cepat untuk mencairkan ikan beku sehingga bisa segera siap dimasak. Hal tersebut disampaikan oleh akun YouTube EmmaHS Official. Dalam salah satu video, disebutkan bahwa mencairkan ikan beku dari freezer hanya buruh waktu 10 menit.

Ilustrasi masakan ikan (pexels)

Cara yang digunakan adalah teknik double pan. Ini adalah teknik yang biasa digunakan dalam memanggang bahan makanan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, keluarkan ikan beku dari freezer. Pembuat konten menyebut ikan yang mau diolah tersebut sudah bersih sehingga nantinya bisa langsung dimasak. Jadi, persiapan dilakukan sejak sebelum memasukkan ikan ke dalam freezer.

"Sebelum dimasukkan ke kulkas, ikan sudah dibersihkan direndam garam dan asam," terang akun YouTube EmmaHS Official.

Setelah itu, keluarkan dan pisahkan ikan satu per satu dari wadahnya. Letakkan ikan-ikan tersebut secara berjajar dan merata di dalam double pan. Kemudian, tutup dan nyalakan kompor dengan api kecil.

Tunggulah hingga es pada ikan mencair dan daging ikan melunak. Proses mencairkan ikan beku butuh waktu 10 menit. Setelah es tampak mencari dan ikan melunak, diamkan beberapa saat. Lalu, buka double pan. Ikan pun siap diolah menjadi kuliner lezat.

Teknik ini tidak hanya mempercepat proses pencairan ikan, tetapi juga membuat daging ikan setengah matang seperti dikukus. Saat dimasukkan ke double pan, es mencair kemudian akan mendidih. Air dari es tersebut membantu melunakkan daging ikan.

Dalam video YouTube tersebut, ikan yang dicairkan akan digoreng. Jadi, ikan bisa langsung diberi bumbu atau malah langsung digorend di minyak yang panas.

Dijelaskan pula bahwa ikan yang dicairkan dengan teknik tersebut lebih cepat digoreng. Pada dasarnya, daging ikan yang dicairkan dengan double pan telah lembut dan setengah matang sehingga proses memasak lebih cepat.

Itulah tips atau cara mencairkan ikan beku dengan cepat dan mudah. Untuk mendapatkan informasi menarik yang lain, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi